Mahasiswa USN Beri Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat – Buton Pos
Suara Sultra

Mahasiswa USN Beri Penyuluhan Hukum Kepada Masyarakat

usN

BUTONPOS.COM, KOLAKA – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan IV Tahun 2017 Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka membuat terobosan baru dalam penyusunan paket program kerja KKN yang mereka laksanakan di lokasi pengabdian.

Hal itu berupa kegiatan berupa pelaksanaan penyuluhan hukum bagi warga desa.

Mahasiswa KKN USN Kolaka di Desa Wawoone dan Wukusao, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe misalnya, mereka melakukan kegiatan penyuluhan hukum bagi masyarakat setempat, yang berlangsung di Balai Desa Wukusao Kecamatan Wonggeduku, belum lama ini.

Dosen Pembimbing KKN Mahasiswa USN Kolaka, La Ode Dedy Hasriadi mengungkapkan mahasiswa KKN-nya itu, selain aktif dengan program kegiatan lainnya juga tak kalah penting adalah upaya mereka dalam memberikan informasi dan pemahaman kepada warga masyarakat di lokasi tentang kesadaran dan bantuan perlindungan hukum.

“Masyarakat kita yang ada di wilayah pedesaan, umumnya masih kurang paham dan hampir dipastikan tidak mengerti serta kesulitan dalam mendapatkan perlindungan hukum apabila mereka mempunyai permasalahan, apalagi bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu secara finansial,“ ujarnya.

Terkait dengan kegiatan tersebut, lanjut La Ode Dedy yang juga menjadi salah satu pemateri penyuluhan hukum itu, animo masyarakat cukup besar dalam mengikuti kegiatan, karena adik-adik mahasiswa peserta KKN juga secara kekeluargaan memberikan pemahaman pentingnya masyarakat memahami aturan-aturan hukum yang ada, dan bagaimana masyarakat semestinya mendapat bantuan dan perlindungan hukum.

“Intinya, kegiatan penyuluhan hukum tersebut terkait dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang bantuan hukum. Penyuluhan ini memberikan informasi kepada masyarakat tidak mampu secara finansial, bahwa ketika bersengketa hukum tidak perlu lagi takut untuk menyelesaikan lewat pengadilan karena alasan tidak ada biaya untuk menyewa pengacara atau penasehat hukum,” tambahnya.

“Justru undang-undang lahir untuk memberikan perlindungan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu baik itu perdata, pidana, hukum administrasi Negara, dan lainnya. Termasuk lembaga konsultasi dan bantuan hukum (LKBH),“ tandas Dosen Hukum USN Kolaka ini. (p12)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!