Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak – Butonpos
Kesehatan

Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Anak

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, JAKARTA — Fungsi otak amatlah penting bagi manusia. Jika otak tidak bekerja dengan baik, maka tentu tubuh juga akan sulit bekerja. Terlebih fungsi otak bagi anak. Ini sangatlah penting. Menjaga fungsi otak anak bisa dilakukan sejak ibu hamil dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Untuk menjaga fungsi otak anak tetap optimal setelah lahir, kamu bisa memberikannya makanan yang baik untuk tumbuh kembangnya. Simak makanan yang bisa mencerdaskan anak di bawah ini.

ASI

ASI (air susu ibu) merupakan nutrisi terbaik untuk anak. Sebuah survei mengatakan anak yang mendapatkan ASI eksklusif lebih mudah menangkap pelajaran ketimbang anak yang tidak mendapatkan ASI. Setelah anak beranjak besar, berikan minuman olahan susu seperti yoghurt untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Telur

Fungsi telur dalam perkembangan otak anak bisa menambah produksi sel induk memori pada otak. Tapi, mengkonsumsi telur juga jangan terlalu berlebihan kepada anak, cukup 1 butir perhari saja.
Ikan

Jenis makanan hewani yang satu ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi sebagai sumber makanan yang sangat baik untuk kecerdasan otak anak. Minyak ikan, Omega 3, DHA dan EPA adalah kandungan penting yang terdapat dalam ikan seperti salmon, yang menjadi otak anak menjadi lebih cerdas. Dan kini kandungan nutrisi tersebut telah banyak dibuat dalam bentuk suplemen atau multivitamin untuk penambah kecerdasan otak anak.

Gandum Utuh dan Beras Merah

Gandum utuh mengandung glukosa dan vitamin B yang juga berfungsi dalam memelihara sistem saraf. Sehingga pasokan aliran darah dan oksigen dapat beredar lancar hingga ke otak.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin E. Vitamin E pada kacang sangat berperang untuk melindung sel-sel otak dari radikal bebas, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Sayuran Berwarna

Selain kaya akan serat, sayur-sayuran berwarna seperti tomat, wortel dan bayam juga bisa meningkatkan selera makan anak. Sayur juga mengandung banyak vitamin yang tentunya penting untuk tumbuh kembang anak.(Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top