Masjid Nabawi Megah, Baqi yang Kuno – Butonpos
Metro Baubau

Masjid Nabawi Megah, Baqi yang Kuno

suasana Masjid nabawi

Laporan Ramli Akhmad

SETIAP hari Kota Madinah terus dibanjiri umat Islam dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah salat wajib maupun sunat di Masjid Nabawi dan ziarah di makam Nabi Muhammad SAW. Sebagai tempat yang tidak henti-hentinya didatangi tamu Allah, di sekitar Masjid Nabawi sudah tersedia sejumlah hotel besar seperti Al Haram Hotel, Dar Al Takwa Hotel, Al Ansar Golden Hotel, Bahauddin Al Madimah Hotel, Hilton Al Madinah Hotel dan Dalal Taiban Hotel.

Berada di Madinah, sebenarnya bukan untuk melaksanakan rukun haji dan umrah, tapi hanya melakukan ziarah di makam nabi yang berada di dalam Masjid Nabawi yang berdampingan langsung dengan Raudhah, serta para sahabatnya yang berada di Madinah. Hanya saja, kalau datang ke masjidil haram, tidak afdhal kalau tidak mengunjungi Madinah yang sudah diberikan sejumlah keistimewaan yang bakal didapatkan di tempat lain.

Salah satunya dan yang utama, makam Nabi Muhammad yang terus dibanjiri umat Islam berdatangan selama masjid dibuka. Masjid Nabawi dibuka sekitar jam 03.00 dini hari yang ditandai dengan adzan.

Jangan heran, kalau dari hotel kita dengar adzan sebelum waktu subuh, itulah tandanya klo masjid Nabawi dibuka dan umat dipanggil untuk melaksanakan salat Tahajut sebelum melaksanakan salat subuh. Kemudian masjid Nabawi ditutup kembali satu jam setelah selesai salat Isya.

Ada dua jalur bagi umat Islam yang ingin berziarah di makam nabi, yaitu melalui Raudhah atau singgah salat sunat dulu di Raudhah baru keluar belok kiri menuju makam nabi. Hanya melalui Raudhah harus siapkan waktu khusus, sekitar 3-4 jam, tapi ada juga jalan pintas, yaitu mengabaikan Raudhah dan langsung ke makam nabi, itu lebih cepat hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

Prev1 of 4

Click to comment

BERITA POPULER

To Top