Masyarakat Menginginkan PT BIS Tak Menggunakan Jalan Umum – Butonpos
Metro Baubau

Masyarakat Menginginkan PT BIS Tak Menggunakan Jalan Umum

abdul hakim

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sosialisasi yang digelar oleh PT BIS bersama perwakilan masyarakat kelurahan di Kecamatan Lea-Lea, Kamis (5/10/2017) belum dapat ditarik kesimpulan. Hal ini disebabkan masyarakat tidak menginginkan jalan umum itu di jadikan jalur tambang.

“Sebenarnya belum ada kesimpulan, jujur keinginan masyarakat Lea-lea khususnya di Kelurahan Kantalai, yang melewati jalan umum dan kita sudah memberikan pernyataan sikap, dalam penyataan sikap yang dijadikan konsiderannya, yang menyebutkan kami tidak menginginkan jalan umum itu di jadikan jalur tambang, karena memang ada pertimbangan-pertimbangan khususnya, salah satunya ketika jalan umum dijadikan jalur tambang. Ada dampak negatifnya yang lebih besar, baik itu dari segi kesehatan, kenyamanan,” kata Abdul Hakim salah seoranh Tokoh Pemuda Kantalai.

Hakim menegaskan bahwa masyarakat sebenarnya tidak menolak.

“Hanya kalau bisa jalan umum itu jangan dijadikan jalan tambang, ada solusi dengan mencari alternatif jalan lain yang jauh dari pemukiman warga, itu sebenarnya keinginan kami,” tegas Hakim.

Keinginan masyarakat, jelas Hakim tidak terlalu frontal ataupun keras.

“Kami hanya meminta baik pemerintah kota maupun instansi terkait untuk mencarikan kami solusi agar keinginan kami terwujudkan yakni jangan jalan umum itu dijadikan jalan transportasi,” jelas Hakim.

Selanjutnya Hakim mengatakan, masyarakat yang menginginkan PT BIS kembali beroperasi merupakan masyarakat yang tidak berada di jalur yang dilintasi oleh kendaraan tambang.

“Jadi mereka itu tempat tinggalnya sangat jauh dari jalan itu. Jadi sebenarnya ada enam perbyataan masyarakat yang menyatakan menolak, keinginan kami tidak ada lagi tawar menawar kalau bisa carikan jalur lain,” ujar Hakim.

Seperti diketahui, PT BIS mengaku akan kembali operasi pengangkutan ore sisa tambang beberapa tahun lalu. Sementara mengenai izin jalan yang akan digunakan, diakui manajemen PT BIS akan segera dilengkapi. (po3)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top