Masyarakat Sita Alat Berat Pengeruk Pasir – Buton Pos
Suara Buton

Masyarakat Sita Alat Berat Pengeruk Pasir

Ilustrasi

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, PASARWAJO-Masyarakat Desa Kancinaa, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton menyita satu unit alat berat jenis Excavator yang beroperasi mengeruk pasir di desa tersebut, Senin (02/12) sekira pukul 16.00 Wita.

Masyarakat menduga aktivitas pengerukan pasir dengan menggunakan alat berat jenis excavator di Desa Kancinaa merupakan kegiatan ilegal yang meresahkan warga.

Ketua BPD Desa Kancinaa, La Amzil, mengatakan masyarakat terpaksa melakukan penghadangan alat berat tersebut karena masyarakat geram terhadap proses bongkar muat pasir tersebut. Terlebih lagi, sudah pernah dilakukan peneguran oleh perangkat adat, namun mereka tetap melakukan aktivitasnya.

“Karena mereka tetap melakukan aktivitas sehingga puncaknya sore tadi seluruh masyarakat turun memboikot alat berat excavator,” ucapnya, dikonfirmasi di kediamannya, Senin (02/12).

Kata dia, beruntung aksi masyarakat tersebut cepat diredam, karena Bhabinkamtibmas dari Desa Kancinaa langsung menghubungi pihak Polsek Pasarwajo untuk melakukan pengamanan di lokasi kejadian.

“Meskipun amukan masyarakat ini berhasil diredam, tapi Alat berat Excavator masih ditahan oleh masyarakat setempat,” sambungnya.

Ia menambahkan guna meyakinkan amarah masyarakat disaat bersamaan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa, Perangkat Adat bersama dengan penanggung jawab penambang pasir, Sukmawati telah membuat surat pernyataan.

“Isi dari surat pernyataan itu adalah akan menimbun lahan bekas olahan pasir yang ada di Dusun Kancinaa ll, dan menghentikan pengolahan/penggalian pasir, beserta harus membayar denda,” pungkasnya.(tn)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top