Mau Tahu Sumber Terbesar PAD Buteng. Baca Disini…. – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Mau Tahu Sumber Terbesar PAD Buteng. Baca Disini….

pelabuhan fery wamengkoli

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Letak Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang sangat strategis sebagai daerah pesisir, menjadi modal negeri seribu gua itu untuk mengembangkan kawasan pelabuhannya. Diprediksi, dalam waktu beberapa tahun kedepan Buteng akan melakukan lompatan-lompatan pembangunan dari hasil Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terkumpul lewat pelabuhannya.

Saat ini Buteng sudah memiliki lima pelabuhan yang punya potensi dan manfaat masing-masing. Pasca berstatus sebagai Daerah Otonom Baru (DOB), pemanfaatan kelima pelabuhan tersebut tinggal dikembangkan lebih intens lagi. Kalau itu dilakukan, maka dalam beberapa tahun kedepan Buteng akan melakukan lompatan-lompatan mengungguli daerah-daerah lain disekitarnya.

Kelima pelabuhan utama yang dimiliki Buteng tersebut adalah Pelabuhan Fery Wamingkoli, merupakan salah satu pelabuhan dengan rute gemuk di Sultra. Pelabuhan ini melayani rute Wamingkoli-Baubau tidak kurang 10 kali dalam sehari.

Selain kapal fery, speed boat juga ada di pelabuhan ini dan melayani 25 rute. Adanya pelabuhan yang sudah eksis sejak tahun awal abad ke-20 ini berimplikasi pada sektor jasa yang mendongkrak pendapatan masyarakat sekitar.

Selanjutnya, Pelabuhan Liana Banggai yang berada di Kecamatan Mawasangka Tengah. Pelabuhan ini memiliki kedalaman 15-30 meter yang direncanakan dapat dilabuhi oleh kapal Pelni maupun kapal kargo atau barang lainnya.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!