Mengintip Sejarah Sumur Terdalam Desa Lipu Kadatua (1) – Butonpos
Desa Busel

Mengintip Sejarah Sumur Terdalam Desa Lipu Kadatua (1)

sejumlah warga Desa Lipu sedang mengambil air di sumur

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sumur air minum yang terletak di Desa Lipu, Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Menariknya, sumur ini merupakan sumur terdalam di Kadatua. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga terdalam di Sultra.

Bagaimana tidak, menurut Kepala Desa Lipu, Jamal Rais, diperkirakan kedalaman sumur mencapai 38 depa atau sekitar 60 meter lebih.

Alkisah, sumur yang tidak jauh dari pemukiman warga ini dikerjakan melalui proses pekerjaan yang memakan waktu hingga belasan tahun. Tukang gali sumurnya pun tidak hanya satu orang saja. Sebut saja yang gali pertama, La Magi di tahun 1983, disebut-sebut gagal dan menyerah melanjutkan pekerjaan. Padahal saat itu, ia baru mencapai 8 depa saja.

Ditinggalkan hingga 10 tahun lamanya, kemudian ditahun 1990 an, sumur tersebut dilanjutkan penggaliannya oleh La Bari. Ditangan La Bari inilah sekitar setahun lebih, baru bisa mencapai mata air yang kini menjadi penyambung hidup masyarakat Desa Lipu.

kades lipu (baju biru) sedang bersama wartawan butonpos.com

Prev1 of 3

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top