Migrasi Penduduk Kota Baubau 2018 – Buton Pos
Metro Baubau

Migrasi Penduduk Kota Baubau 2018

Kadis Dukcapil Baubau, H Sahirun

1.682 Masuk, 1.399 Keluar

BUTONPOS,COM, BAUBAU-Ribuan penduduk pindah masuk di Kota Baubau sepanjang 2018. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mencatat ada 1.682 orang pindah dari daerah lain untuk menjadi warga Kota Baubau.

Jumlah penduduk pindah masuk itu nyaris seimbang dengan penduduk Kota Baubau yang memilih menjadi warga di daerah lain. Terdata ada 1.399 orang mengajukan keluar dari data penduduk Kota Baubau.

“Yang pindah masuk ini 1.682 orang dan yang pindah keluar 1.399 orang. Data ini kita entri sejak Januari tahun ini sampai sekarang,” beber Kepala Disdukcapil Baubau, Sahirun di kantornya, Senin (11/6).

Kata dia, penduduk yang melaporkan pindah masuk itu praktis akan dibuatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Baubau. “Kalau dari daerahnya sudah punya KTP, pasti kita gantikan langsung KTP Baubau,” imbuhnya.

Menurut dia, tipis kemungkinan masuknya ribuan penduduk itu terkait dengan mobilisasi pemilih menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Kota Baubau. Alasannya, jumlah antara penduduk yang masuk dengan keluar tidak terlalu jauh beda.

“Jumlah yang datang dengan keluar ini hampir sama. Jadi kemungkinan tidak ada kaitannya dengan (Pilkada) itu,” tukasnya.

Sahirun mengaku enggan berspekulasi apakah para penduduk pindahan itu sudah terdata semua dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2018. “DPT itu mungkin data penduduk 2017, sedangkan yang kita data masuk dan keluar ini mulai Januari 2018 sampai sekarang,” tandasnya.(exa/ls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top