MTQ Buton Sukses Digelar – Buton Pos
Suara Buton

MTQ Buton Sukses Digelar

Plt Bupati Buton, La Bakry didampingi Kapolres Buton, AKBP Andi Herman usai pelaksanaan Pawai Taaruf pembukaan MTQ Butin ke-45 di Kapontori, Kamis (15/2), sebagai ajang seleksi untuk mewakili Buton pada MTQ Sultra, di Butur, Maret mendatang.

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Sebagai tuan rumah, Kecamatan Kapontori berhasil menyingkirkan para tamunya dari enam kecamatan lain pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-45 tingkat Kabupaten Buton, yang ditutup pada Minggu (18/2) lalu.

Dari semua mata lomba, tuan rumah berhasil meraih 12 emas, 7 perak dan 5 perunggu dengan total nilai 84. Posisi runner up ditempati Kecamatan Pasarwajo dengan perolehan 8 emas, 6 perak, 9 perunggu dengan nilai 67.

Lebih lanjut ia menyebutkan posisi ketiga diraih Kecamatan Lasalimu Selatan dengan perolehan 5 emas, 4 perak dan 4 perunggu dengan nilai 41.

Wakil Bupati Buton La Bakry menjelaskan, ajang ini sangat positif dan menjadi ajang seleksi duta Kabupaten Buton untuk mengikuti MTQ Sultra ke-27 yang digelar di Buton Utara (Butur), pada Maret mendatang.

Sementara itu, Camat Kapontori, Jufri Tandena mengaku sangat senang dengan prestasi yang ditorehkan para kafilahnya. Ini juga untuk membangung SDM Kapontori dari sisi agama.

Terlepas dari prestasi yang ditorehkan, pihaknya sangat bersyukur, pelaksanaan MTQ Buton di Kecamatan Kapontori berjalan dengan lancar dan damai. Hal ini berkat karja sama semua elemen, dari pemerintah hingga masyarakat di daerahnya.

“Pemerintah dan masyarakat menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan peserta dan panitia, sehingga pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan lancar hingga berakhirnya kegiatan,” ungkapnya.

“Kami menyiapkan 40 unit rumah termasuk arena bertanding seperti masjid, kantor kecamatan, kelurahan, dan sekolah-sekolah untuk dipakai gedungnya. Apalagi pelaksannannya bersamaan dengan hari libur, sehingga pelayanan tidak ada yang terganggu,” pungkasnya.

Untuk diketahui, cabang yang dilombakan mulai dari lomba Tilawah yang terdiri dari golongan anak-anak, tartil, remaja, dewasa, Murotal, Mujawad. Tahfidz terdiri Hafalan 1 Juz dan Tilawa, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 Juz hafalan. Lalu Tafsir Quran terdiri 3 golongan Tafsir bahasa arab, tafsir bahasa inggris dan tafsir bahasa indonesia. Syahril Qur’an putra putri, Fahmil Quran, Musabaqah Makalah Quran, serta Kasidah Bintang Vokalis terdiri anak anak remaja dan dewasa.

Awalnya, MTQ ini diikuti tujuh kecamatan yakni Pasarwajo dengan kafilah 70 orang, Wabula 90 orang, Lasel 70 orang, Wolowa 60 orang, Lasalimu 150 orang dan Siotapina 270 orang. Sedangkan Kapontori sebagai tuan rumah menurunkan personil 900 orang. (cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top