MTsN 1 Baubau Siap Hadapi UNBK – Buton Pos
Metro Baubau

MTsN 1 Baubau Siap Hadapi UNBK

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Meskipun masih terbatas sarana komputer, MTsN 1 Baubau telah melaksanakan tiga tahap simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Diikuti sebanyak 196 siswa dan sudah siap menghadapi UNBK tahun ini.

Demikian dikatakan Kepala MTsN 1 Baubau, La Marihi SPd MPd, Rabu (13/3). Ia mengungkapkan, peserta ujian tahun ini berjumlah 196 siswa, terdiri dari 98 putra dan 98 putri. Simulasi UNBK pertama dilaksanakan dua hari pada Januari, tahap kedua empat hari pada Februari dan tahap ketiga gladi bersih Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer (UAMBK).

Pelaksanaan simulasi bertujuan selain menguji kesiapan siswa juga menguji kesiapan sarana komputer yang ada. Meskipun begitu, masih terdapat kendala yang dihadapi mengenai sarana komputer karena tidak sebanding dengan jumlah peserta yang mengikuti simulasi UNBK. Sementara jumlah komputer yang ada hanya 23 unit.

“Kami akan mengundang orang tua siswa untuk dibicarakan bersama guna mengatasi kekurangan tersebut, dalam hal ini meminjam laptop mereka,” kata La Marihi, belum lama ini.

Tidak hanya itu, setiap tahapan kegiatan simulasi di bagi menjadi tiga sesi dengan 1 server berjumlah 23 unit komputer, 1 tenaga proktor dan 1 tenaga teknisi yang sudah mengikuti pelatihan. Setiap sesi membutuhkan waktu 2 jam pelajaran, walaupun dengan keterbatasan sarana komputer, proctor dan teknisi.

“Komputer yang ada hanya berjumlah 23 unit. Namun bisa diatasi dengan cara menggunakan laptop yang dipinjam dari dewan guru dan siswa,” kata Nawir SPd, selaku teknisi.

Arifuddin SPd, selaku ketua panitia gladi simulasi UAMNK dan sekaligus proctor menambahkan, tiga tahap pelaksanaan simulasi UNBK dinilai telah berhasil dan pelaksanaannya di MTsN 1 Baubau sendiri dengan sarana komputer. Tidak seperti tahun sebelumnya melaksanaan simulasi di MAN 1 Baubau.

“Oleh karena itu, kita berharap agar keberhasilan ini juga kita dapat peroleh sampai dengan pelaksanaan ujian nanti,”tambahnya.

Perdu diketahui, agar lebih efektifnya pelaksanaan ujian di MTsN 1 Baubau hanya menerima satu MTs swasta yakni Al Ikhsan dengan jumlah peserta ujian sebanyak 4 orang. Sedangkan MTs swasta yang lainnya di arahkan untuk melaksanakan di sekolah masing-masing meskipun merupakan anggota KKM bersama MTsN 1 Baubau yakni MTsS At-Takwa, MTsS Al-Ihwan, Al-baroqah, Al-Amanah, Al-Huda, Al-Aziz, dan Al-Ikhsan.(m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top