Mudahkan Pelayanan, Disdukcapil Buteng Siap Terapkan Tanda Tangan Digital – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Mudahkan Pelayanan, Disdukcapil Buteng Siap Terapkan Tanda Tangan Digital

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Guna memudahkan pelayanan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) siap menerapkan tanda tangan digital dalam bentuk barcode.

Dengan tanda tangan digital tersebut, pelayanan administrasi kependudukan yang sudah selesai diproses seperti kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian, dan surat keterangan pindah penduduk, tidak perlu lagi ditanda tangani manual kepala dinas.

Apalagi bila kepala dinas sedang berada di luar daerah, administrasi kependudukan yang sudah diproses belum bisa diserahkan kepada warga yang melakukan pengurusan karena harus menunggu kepulangan kepala dinas untuk ditanda tangani. Terpaksa warga disuruh pulang dan baru bisa datang lagi kalau kepala dinas masuk kantor kembali.

“Seluruh pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil Buteng, tidak perlu tanda tangan kepala dinas secara manual. Tetapi akan dilakukan digital dengan cara mengubah aplikasi,” ungkap Kadis Dukcapil Kabupaten Buteng, Syamsuddin, ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dalam sistem aplikasi tersebut, nantinya akan melibatkan operator, Analisis Data Base (ADB), verifikasi, dan kepala dinas. Data-data kependudukan diproses terlebih dahulu melalui operator dan verifikator. Apabila tidak ada lagi kendala, maka data akan dikirim langsung kepada kepala dinas dan jika disetujui akan ditanda tangani secara digital dalam bentuk barcode.

“Walaupun kepala dinas sedang tidak berada di tempat (kantor, red), maka tanda tangan masih bisa dilakukan melalui komputer tablet maupun laptop yang dibawa atau dimiliki kepala dinas. Ini akan sangat memudahkan dan mempercepat Dinas Dukcapil Buteng memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Syamsuddin.

Mantan Camat Lakudo ini mengaku, satu dua hari ini dirinya akan berangkat ke Jakarta untuk mendaftarkan tanda tangannya ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan mendapatkan sertifikat digital.

“Kalau semua persyaratan program tanda tangan digital dalam bentuk barcode ini sudah kita tuntaskan, segera kita terapkan di Dinas Dukcapil Buteng dan kita upayakan dilaunching langsung pak bupati,” tutup Syamsuddin.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top