Musim Hujan, Warga Pasarwajo Kekurangan Air – Buton Pos
Suara Buton

Musim Hujan, Warga Pasarwajo Kekurangan Air

BUTONPOS.COM, BUTON – Tidak hanya kemarau, musim hujan pun warga Pasarwajo masih tetap saja kekurangan pasokan air. Hal ini sudah berlangsung beberapa pekan terakhir.

Tak kunjung mengalirnya air dari PDAM tersebut membuat bak-bak penampung air warga menjadi kering. Kondisi ini memaksa mereka lari ke sumber mata air terdekat, utamanya dalam hal mencuci pakaian dan mandi.

Salah seorang warga, Risman mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan dasar. Untuk itu, Pemkab dan PDAM Buton harus cepat tanggap akan kondisi ini. Jangan menyusahkan masyarakat.

“Apalagi kasian ibu-ibu yang punya anak kecil itu, repot sekali kalau tidak ada air. Bagaimana mereka mencuci, memasak dan sebagainya kalau tidak ada air,” ujarnya di salah satu tempat, Pasarwajo, Kamis (7/2).

Menurut dia, masalah air bersih merupakan urusan pemerintah karena terkait dengan pelayanan dasar. Bukan hanya asal mengalir, namun pemenuhi standar kelayakan juga harus dipenuhi.

Untuk itu, Pemkab dan PDAM Buton diharapkan jika terjadi gangguan maupun perbaikan pipa, harusnya segera disosialisasikan. Masyarakat jangan dibuat bingung soal kondisi air saat ini.

Sementara itu, Kepala Unit PDAM Pasarwajo, La Nuhril Ama menjelaskan, kurangnya pasokan air beberapa waktu terakhir disebabkan tegangan listrik yang tidak stabil. Pihaknya tidak dapat menyalakan pompa jika tegangan naik turun. Kalau dipaksakan, bisa terbakar.

Untuk meminimalisir keluhan pelanggan, pihaknya memasok air secara bergilir. Umumnya nanti malam baru dioperasikan. Itupun juga tidak maksimal karena dengan pipa air terkadang kosong.

Maksud dari pipa air kosong ini, jelas La Nuhril, pipa tersebut tidak terisi lagi debet air kerena terkumpul ke tempat rendah. Sehingga begitu pompa dinyalakan, maka yang terisi lebih dulu adalah jalur-jalur pipa yang masih kosong tersebut.

Demi untuk memuaskan pelanggan, pihaknya kini terus berupaya mencari solusi. Termasuk menghungi PLN agar aliran listriknya distabilkan. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top