Musrenbang, Pemerintah Desa di Mubar harus Sinkron dengan Pemkab – Buton Pos
Suara Muna

Musrenbang, Pemerintah Desa di Mubar harus Sinkron dengan Pemkab

BUTONPOS.COM, MUNA BARAT – Seluruh desa di Kabupaten Muna Barat (Mubar) saat ini mulai melakukan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk tahun anggaran 2019. Tiap desa menyusun rencana kegiatan berdasarkan aspirasi masyarakat.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Mubar, LM Husein Tali, meminta agar program kerja desa yang ditawarkan untuk tahun 2019 ini bisa disinkronkan dengan visi-misi Pemkab Mubar. Usulan program tidak boleh meleset dari program pemerintah.

“Rencana pembangunan kita mulai dari bawah. Jadi desa harus mengidentifikasi semua masalah yang timbul berdasarkan usulan masyarakat. Musrenbang ini bagian dari agenda pemerintah sebagai wadah penyalur aspirasi rakyat,” ungkapnya.

Kata dia, hasil usulan masyarakat melalui musrenbang ada yang diajukan melalui Dana Desa (DD), dan ada juga yang disodor pada Pemkab. “Harus ada pemilihan program kerja. Mana yang bisa dikerja desa melalui DD, dan yang bisa dikerja oleh pemerintah melalui APBD,” imbuhnya.

Menurutnya, kewenangan antara desa dan Pemkab harus dipilah sehingga tidak tumpang tindih program antara Pemkab dengan pemerintah desa. Untuk menselaraskan program, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terlibat langsung dalam kegiatan musrenbang.

“Saat musrenbang desa, semua pimpinan OPD turun. Mereka juga memaparkan program kerja. Makanya tidak akan tabrakan, antara program pemerintah desa dengan program Pemkab. Justru akan berjalan selaras. Makin banyak agenda kerja, maka makin maju daerah,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Mubar itu berharap, agar semua program kerja yang diusulkaan pada saat musrenbang dimasukan dalam sistem e-planning. Sehingga tidak akan dipatahkan saat pembahasan di tingkat dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD).

“Semua program kerja yang diajukan, kalau dikelola dengan bagus tidak akan menuai masalah. Apalagi diperketat dengan pengawasan. Saya harapkan agar semua program desa sejalan dengan rencana kerja Pemkab Mubar,” harapnya. (p5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top