Oknum Polisi Tembak Warga – Butonpos
Hukum

Oknum Polisi Tembak Warga

ILUSTRASI

BUTONPOS.COM, PASARWAJO — Pelaku penembakan La Seni, penjual ikan dari Kelurahan Katobengke, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Senin malam (2/1), ternyata oknum polisi aktif di Polres Buton.

Informasi dari Kapolres Baubau AKBP Suryo Aji SIk, oknum polisi bernama Briptu M itu, pertama melepas tiga tembakan peringatan ke atas, kemudian melepaskan tembakan ke bawah satu kali hingga mengenai paha kanan La Seni dan harus dilarikan ke Badan Layanan Umum Daereh (BLUD) Rumah Sakit Palagimata malam itu juga untuk dilakukan pertolongan pada korban.

“Oknum polisi Polres Buton melakukan penembakan adalah atas dasar pembelaan diri yang mana merasa terancam oleh pelaku yang pada saat itu membawa senjata tajam panjangnya satu meter dan sempat diarahkan kepada oknum tersebut dan teman-temannya,” jelas AKBP Suryo Aji.

Kapolres Baubau menjelaskan, oknum polisi saat itu sekira pukul 22.30 Wita sedang nongkrong bersama lima temannya, tiba-tiba datang satu sepeda motor dengan berboncengan berhenti dan mengancam kawanan yang sedang duduk.

“Kemudian La seni menanyakan kepada kawanan yang nongkrong, ‘mana anak Wajo sambil mengancamkan senjata tajam sepanjang satu meter. Dalam terdesak dan dibawah ancaman senjata tajam, kemudian melakukan tembakan ke atas sebanyak tiga kali dan satu kali diarahkan kebawah,” jelasnya.

Saat ini oknum polisi tersebut masih dalam proses lebih lanjut oleh pihak Propam Polda Sultra dan Propam Polres Buton untuk menangani kasus tersebut. “Yang jelas saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut atas penembakan tersebut,” katanya.

Hal ini juga dibenarkan Kapolres Buton, AKBP Andi Herman SIk, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (4/1).

“Betul, pelakunya merupakan anggota dari sini (Polres Buton, red),” ungkap Andi Herman.

Dijelaskan, anggotanya melakukan penembakan tidak lain hanya untuk membela diri karena hendak dikeroyok dengan menggunakan senjata tajam jenis parang.

Ketika itu, lanjut Kapolres, pelaku langsung melakukan tiga kali tembakan peringatan ke arah langit. Namun salah satu diantaranya tidak mengindahkan peringatan tersebut, sehingga akhirnya pelaku mengarahkan tembakan keempat ke arah bawah hingga mengenai paha La Seni.

“Dia (pelaku, red) mengeluarkan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke arah langit, tetapi korban tidak mengindahkan peringatan tersebut. Akhirnya pelaku mengarahkan tembakan keempat ke bawah dan mengenai paha korban,” ujarnya.

Oknum polisi pelaku penembakan tersebut saat ini sudah diproses oleh Propam Polres Buton. Sementara kasus penembakan ditangani Polres Baubau.

“Pelaku sudah diproses, para saksi juga sudah diperiksa, untuk keterangan lebih lanjut kami belum tahu. Karena yang tangani kasus tersebut merupakan Polres Baubau,” tukasnya.(m4/m6)

BACA BERITA TERKAIT:

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top