Operasi Zebra Jaring Puluhan Kendaraan – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Operasi Zebra Jaring Puluhan Kendaraan

Satlantas Polres Baubau bekerja sama dengan Dishub Buteng saat melakukan razia Operasi Zebra 2017 di simpangan tiga Labungkari

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Baubau yang menggelar Operasi Zebra 2017 di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berhasil menjaring puluhan kendaraan tanpa surat resmi di simpangan tiga Labungkari dan simpang tiga Desa Kolowa, Kecamatan Gu, Selasa (14/11).

Dalam melaksanakan Operasi Zebra hari terakhir tersebut, Satlantas Polres Baubau menurunkan tujuh personil dibantu belasan personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Hasilnya, tujuh kendaraan roda empat dan 13 kendaraan roda dua terjaring razia.

Kepala Satuan Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Kanit Turjawali) Satlantas Polres Baubau, Aipda Agus Nurrahman, mengatakan Operasi Zebra 2017 yang dilaksanakan pihaknya di Kabupaten Buteng merupakan operasi hari terakhir yang dimulai sejak 1 November 2017. Tujuannya, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Dalam melakukan razia, kami fokus memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan dan pengendara seperti SIM, STNK, dan Helm bagi pengendara roda dua,” tutur Agus saat melakukan razia di simpangan tiga Labungkari.

Agus menambahkan, Kabupaten Buteng dijadikan salah satu target operasi karena daerah yang dikenal dengan julukan negeri seribu gua itu sangat rawan kecelakaan lalu lintas. Sehingga dengan Operasi Zebra yang dilaksanakan tersebut, dapat meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang disebabkan ketidakpatuhan dalam berkendara.

“Melalui Operasi Zebra ini, kita harapakan dapat memberikan efek jera kepada para pengendara sepeda motor yang terjaring razia karena tidak memakai Helm dan kendaraan roda empat utamanya Angkot yang tidak layak operasi. Sehingga kedepan, para pengendara sudah disiplin dalam berkendara,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan, Dishub Kabupaten Buteng, Makmur mengatakan Operasi Zebra ini sangat membantu menertibkan pengendara yang tidak disiplin dan mengabaikan keselamatan berlalu lintas.

Apalagi, sebagai jalur provinsi Kabupaten Buteng dalam kurun waktu satu tahun terkahir ini banyak sekali terjadi kecelakan lalu lintas akibat ketidakpatuhan para pengendara yang mengabaikan keselamatan berlalu lintas.

“Kami menghimbau kepada para pengendara yang melewati jalur Kabupaten Buteng untuk melengkapi surat-surat berkendara dan berhati-hati dalam berkendara untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas,” harapnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!