Pabrik Gula Terbesar Bakal Dibangun di Bombana – Buton Pos
Suara Bombana

Pabrik Gula Terbesar Bakal Dibangun di Bombana

ilustrasi

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Dengan berbagai potensi sumberdaya alam yang dimilikinya, Kabupaten Bombana menjadi incaran para investor untuk berivestasi. Salah satu potensi yang dibidik para investor itu adalah pentensi lahan untuk perkebunan tebuh.

Bahkan potensi perkebunan itu telah ada investor yang siap untuk menanamkan modalnya hingga Rp 2 triliun. Dengan dana sebanyak itu, pemilik modal yang dibawa Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman itu akan mengelola belasan ribu hektar tanah di Bombana.

Lahan yang tersebar di daratan Rumbia dan Poleang ini rencananya akan disulap menjadi perkebunan tebu dan akan dibangun pabrik gula di atasnya. Saat ini, lahan yang akan dijadikan perkebunan tebu dan pabrik gula itu sudah dalam tahap pembersihan.

Kehadiran investor ini direspon positif Bupati Bombana, H Tafdil. Menurutnya, memasuki tiga bulan menjadi bupati di periode keduanya, banyak harapan baik yang akan dirasakan masyarakatnya. Salah satu adalah, hadirnya investor yang akan membangun pabrik gula di Bombana.

Jika rencana ini terealisasi dengan cepat, maka kehadiran pemilik modal ini akan mempercepat peningkatan kesejahteraan warganya. Apalagi pabrik gula yang akan dibangun merupakan yang terbesar di seluruh Indonesia.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintahan saya,” kata Tafdil di hadapan Kapolda Sultra, Brigjendpol Andap Budi Revianto dan para petinggi Polda, akhir pekan lalu.

Bupati incumbent ini meminta dukungan semua pihak termasuk Kapolda Sultra, agar pelaksanaan pembangunan pabrik ini berjalan cepat dan lancar, sehingga bisa berdampak bagi masyarakat. “Sebab jika perusahaan pabrik gula ini sudah berjalan atau beroperasi, otomatis akan menyerap banyak tenaga kerja dari Bombana,” yakinnya. (kp)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!