Padam Lampu, PLN: Terjadi Gangguan – Buton Pos
SUARA SULTRA

Padam Lampu, PLN: Terjadi Gangguan

BAUBAU – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Baubau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggannya di Kota Baubau, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna dan Muna Barat serta sekitarnya atas terjadinya pemadamam lampu belum lama ini.

Permohonan maaf tersebut diungkapkan Supervisor Operasi UP3 Baubau, Widyantoro Aswin Kurniawan. Menurutnya pemadaman yang terjadi selama tiga malam tersebut di akibatkan adanya gangguan pada sistem kelistrikan.

“Telah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan Sub Sistem Kelistrikan Baubau dan sekitarnya. Sehingga menyebabkan padam meluas padam sistem jaringan 20 KV,” Ungkapnya dalam pers rilisnya, Rabu (06/05/2020)

Ia menambahkan saat ini kondisi kelistrikan tersebut sudah aman, dan kembali normal beroperasi.

“Saat ini kondisi kelistrikan Sub Sistem Baubau dan sekitarnya sudah normal akibat dukungan pasokan dari PLTMG Kalia-lia, PLTU Baruta, PLTD Pasarwajo Dan PLTD Baubau, sudah beroperasi normal kembali,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Manager PLN UP3 Baubau Agus Susanto membenarkan kejadian tersebut dan menceritakan kronologis dan penyebab padam meluas tersebut.

•Pada Minggu siang (03/05/2020) pukul 12.38 WITA terjadi padam meluas di sistem Baubau, setelah dilakukan pemeriksaan dan penelusuran jaringan ditemukan gangguan, di PLTMG Kalia-lia berupa kerusakan pada Arrester dan CT di kubikel Penyulang Out#5, sehingga menyebabkan padam meluas untuk sistem Baubau.

Pada Senin malam (04/05/2020) pukul 19.24 WITA terjadi padam meluas di sistem Baubau. Penyebab awal yakni PLTMG yang berada di Kalia-lia trip saat penormalan dan PLTU trip juga karena Overload tidak mampu memikul beban yang besar sendirian sehingga terjadilah padam meluas.

Pada Selasa malam (05/05/2020) pukul 20.46 WITA terjadi padam meluas di sistem baubau, disebabkan oleh adanya kawat Penghantar A3C yang jatuh ke traves sehingga menyebabkan Short di Jalur Feeder Liabuku, Jl. Anoa KM 10, Selain itu Team PLN juga mengamankan adanya scoon kawat Penghantar di LBS Manual seputaran Pesantren AL-Amanah Darussalam Liabuku yang loss kontak.

“Kami mohon doa dari seluruh masyarakat pelanggan PT PLN (Persero) UP3 Baubau agar upaya kami dalam menjaga sistem kelistrikan ditengah Pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan lancar sehingga listrik dapat normal dan handal demi menciptakan terang dan mendukung program pemerintah untuk di rumah saja,” ungkap Manager PLN UP3 Baubau yang kerap disapa Agus.

Adapun Daerah yang merasakan Padam adalah sebagai berikut:
Wilayah Kota BauBau (Jalan Murhum, Bataraguru, Anoa, Diponegoro, Betoambari, Yos Sudarso, Gajah Mada, Palagimata, dan sekitarnya)

Wilayah Kabupaten Buton Selatan (Batauga, Lawela, Pogalampa, Sampolawa, Lapandewa dan sekitarnya)

Wilayah Kabupaten Buton (Pasarwajo, Takimpo, Wolowa, Siontapina, Lasalimu Selatan, Lasalimu, Kapontori dan Sekitarnya)

Wilayah Kabupaten Buton Tengah (Lakudo, GU, Mawasangka, Watulea, dan sekitarnya)

Wilayah Kabupaten Buton Utara (Bonegunu, Wakorumba, Kambowa Dan Sekitarnya)

Wilayah Kabupaten Muna (Tongkuno, Tongkuno Selatan, Parigi, bone, Marobo, Kabawo, Kabangka, Labunia, Maligano dan sekitarnya)

Wilayah Kabupaten Muna Barat (Lawa, Wadaga, Sawerigadi, Barangka, dan sekitarnya)

Penulis : Darno



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top