Pantau Pelaksanaan Pilkades, Bupati Buteng Lanjut Tinjau Pengaspalan Desa Gumanano – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pantau Pelaksanaan Pilkades, Bupati Buteng Lanjut Tinjau Pengaspalan Desa Gumanano

PANTAU PENGASPALAN: Bupati Buteng H Samahuddin memantau proses pengaspalan di Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, kemarin. FOTO: FAUZI/BUTON POS

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 35 desa di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Kamis (10/10/2019), tak terlepas dari pantauan Bupati Buteng H Samahuddin dengan berkeliling di desa-desa yang menggelar Pilkades. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaannya berjalan aman, tertib, dan lancar tanpa kendala.

Dalam pelaksanaan Pilkades ini, Samahuddin berharap tidak ada intervensi apalagi penekanan yang dapat menciderai demokrasi di tingkat desa tersebut. “Kita inginkan Pilkades di Buteng ini berjalan dengan aman, damai, dan penuh kekeluargaan. Siapapun yang terpilih, adalah pilihan masyarakat yang terbaik,” tandasnya disela-sela mengunjungi desa-desa yang nelaksanakan Pilkades di Kecamatan Mawasangka.

Kepada para Cakades, ia mengingatkan ikrar damai yang sudah disuarakan sebelumnya, yakni siap menang-siap kalah. Sehingga, kedewasaan dalam berkompetisi harus dijunjung tinggi masing-masing Cakades. Bagi yang menang tidak merayakan secara berlebihan dan bagi yang kalah menyadari sepenuhnya bahwa mungkin ada yang lebih baik lagi disiapkan Tuhan selain jadi Kades.

Usai memantau pelaksanaan Pilkades di beberapa desa tersebut, bupati menyempatkan diri berkunjung ke Desa Gumanano untuk melihat kesiapannya sebagai desa yang mewakili Kabupaten Buteng dalam lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Oktober 2019 ini.

Selain mengunjungi rumah-rumah binaan, orang nomor satu di Kabupaten Buteng itu juga meninjau proses pengaspalan di Desa Gumanano tersebut, meskipun dibawah panas terik matahari siang. Semua dipastikan dikerjakan dengan baik dan tidak asal-asalan.

“Dua tahun terakhir ini, Kabupaten Buteng selalu mendapat juara dalam lomba P2WKSS tingkat provinsi. Prestasi itu harus kita pertahankan terus, sehingga apa-apa yang menjadi indikator penilaiannya harus benar-benar siap,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada lomba P2WKSS 2017 Kabupaten Buteng yang diwakili Desa Baruta, Kecamatan Sangia Wambulu meraih Juara I. Tahun berikutnya 2018, diwakili Desa Wambuloli, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim), Buteng mendapat Juara II.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top