Bawaslu Rekomendasikan PSU di TPS 8 Wameo – Buton Pos
Metro Baubau

Bawaslu Rekomendasikan PSU di TPS 8 Wameo

KERTAS SUARA YANG TELAH TERCOBLOS PASANGAN NOMOR 2, DITEMUKAN SALAH SEORANG WARGA KELURAHAN BONE-BONE, SYARIFUDIN DI TPS 10 SAAT PENCOBLOSAN

BUTONPOS.COM BAUBAU – Pemungutan Suara di Pilkada Serentak 2018 baru saja berakhir. Namun, masih meninggalkan masalah. Dari beberapa temuan, Panwas Kecamatan Batupoaro telah mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 8 Kelurahan Wameo.

Surat rekomendasi tersebut bernomor 027/BAWASLU-PROV.SG.16.03/PM05.03/VI/2018 yang ditujukan kepada Ketua PPK Kecamatan Batupoaro untuk melakukan PSU di TPS 8 Kelurahan Wameo dan ditandatangani oleh Ketua Panwascam Batupoaro, La Edi. Surat tersebut dikeluarkan berdasarkan UU No. 10 Tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas UU No. 1 tahun 2015 tetang penetapan Perppu No. 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kedua berdasarkan Peraturan Bawaslu No. 13 Tahun 2018 tentang Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Dan berdasarkan PKPU No. 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam surat tersebut tertulis, berdasarkan keterangan dari Pengawas TPS, Anggota PPS dan ketua KPPS TPS 8 Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro bahwa telah terjadi proses pembukaan kotak suara di Aula Kecamatan Batupoaro oleh anggota PPS Kelurahan Wameo atas nama Baharudin dan Ketua KPPS TPS 8 Kelurahan Wameo atas nama Abdul Wahid untuk mengambil perlengkapan pemungutan suar yang telah tersimpan dalam kotak suara yang seharusnya perlengkapan tersebut berada diluar kotak suara.

Poin lain menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pengawasan, penelitian dan pemeriksaan Panwascam Batupoaro terkait dugaan adanya kesalahan prosedur dan tata cara pembukaan kotak suara pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra tahun 2018 ditemukan beberapa fakta-fakta.

Fakta pertama terdapat 2 kotak suara yang dibuka. Yakni, kotak suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan kotak suara untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Fakta kedua, terdapat 2 rangkap berkas atau dokumen hasil perhitungan suara yang dikeluarkan dari dalam kotak suara yaitu Model C-KWK dan C1 KWK untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Fakta ketiga, terdapat 2 lembar berita acara serah terima kotak suara yang dikeluarkan dari dalam kotak suara. Yaitu, serah terima kotak suara dari KPPS kepada PPS untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Fakta terakhir adalah berita acara serah terima kotak suara tersebut kemudian ditandatangani oleh Anggota PPS dan Ketua KPPS TPS 8 Kelurahan Wameo.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, jika dihubungkan dengan ketentuan Peraturan KPU No. 8 Tahun 2018 Pasal 59 ayat (2) huruf a yakni, pemungutan suara di TPS dapat diulang apabila dari hasil penelitian dan pemeriksaan Panwas Kecamatan terbukti terdapat satu atau lebih keadaan yaitu pembukaan kotak suara dan/atau berkas pemungutan dan penghitungan suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Olehnya itu, Panwas menilai tindakan yang dilakukan oleh Anggota PPS dan Ketua KPPS TPS 8 Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro tersebut terbukti melanggar Pasal 59 Ayat 2 huruf a PKPU Nomor 8 Tahun 2018.

Poin terakhir adalah berdasarkan fakta, bukti dan keterangan dalam penelitian dan pemeriksaan Panwas Kecamatan Batupoaro tersebut, maka Panwas merekomendasikan kepada PPK Kecamatan Batupoaro untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 8 Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro Kota Baubau. (Hrm)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top