Panwaslu Butur Ajak Warga Sama-sama Awasi Pilgub – Buton Pos
Suara Butur

Panwaslu Butur Ajak Warga Sama-sama Awasi Pilgub

junaiddin

BUTONPOS.COM, BURANGA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton Utara (Butur), mengajak seluruh masyarakat bersama-sama mengawasi penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra tahun 2018. Sehingga proses demokrasi berjalan sukses sesuai yang diamanatkan undang-undang.

Ajakan itu diungkap, ketua Panwaslu Butur, Junaiddin saat menggelar sosialisasi pengawasan Pilgub 2018 disalah satu hotel di Kulisusu, Selasa (7/11). Kegiatan ini dihadiri para tokoh masyarakat, adat, pemuda dan perempuan. Sementara pemateri dari Panwaslu dan Polsek Kulisusu.

Ketua Panwaslu, Junaiddin mengatakan, pengawasan merupakan tugas utama Panwas disetiap penyelenggaraan Pemilu. Dalam menjalankan tugas, ada tujuh hal yang menjadi fokus pengawasan, yakni KPU sebagai penyelenggara, keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN), peserta Pemilu/para calon, tim sukses, penggunaan fasiltas negara dan masyarakat.

Setiap tahapan yang dilakukan KPU telah diawasi oleh Panwas, mulai dari pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Kita pastikan, setiap tahapan kami telah awasi,” kata Junaiddin.

Ia menambahkan, peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengawal penyelenggaraan Pemilu. “Kita mengajak supaya bersama-sama awasi Pilgub ini. Khususnya warga yang tidak terikat atau menjadi salah pengurus partai politik,” terangnya.

Sosialisasi pengawasan Pilgub ini, kata dia, akan dilanjutkan sampai di tingkat kecamatan. “Setelah ini, kami akan turun ke kecamatan menggelar sosialisasi yang sama,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Pengawasan Panwaslu Butur, Hazamuddin menuturkan, setiap warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun atau sudah menikah harus terdaftar sebagai pemilih.

“Hanya, kadang masyarakat juga cuek. Nanti sudah dekat Pemilu baru mengecek namanya di DPT. Harusnya, sebagai warga negara yang baik, kita pastikan bahwa kita sudah terdaftar sebagai pemilih,” paparnya.

Posisi pengawas pemilu adalah mengidentifikasi setiap potensi pelanggaran/kecurangan, serta melakukan pencegahan. Masyarakat tak perlu takut untuk melaporkan pelanggaran Pemilu.

“Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan,” tegasnya.

Sementara anggota Polsek Kulisusu, Aiptu Syarir Daming mengatakan, dalam rangka mengantisapasi gangguan nyata dalam penyelenggaraan Pilgub, polisi akan mengerahkan pengamanan secara menyeluruh. Petugas bukan hanya mengamankan lokasi pemungutan suara, tetapi mencatat hasil Pemilu.

Setelah itu, lanjutnya, aparat juga akan mengawal kotak suara menuju PPS, PPK dan KPU. Polri tak henti-hentinya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga keamanan jelang Pilgub 2018.

“Mari kita ciptakan rasa aman, sehingga penyelenggaraan Pilgub di Buton Utara berjalan sukses,” tuntasnya. (ary)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!