Panwaslu Rekomendasikan PSU di TPS 8 Wameo – Buton Pos
Politik

Panwaslu Rekomendasikan PSU di TPS 8 Wameo

Ilustrasi PSU

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Batupoaro mengeluarkan keputusan mengejutkan. Mereka merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Kelurahan Wameo.

Surat rekomendasi dengan nomor: 027/BAWASLU-PROV SG.1603/PM05.03/V1/2018 itu diterbitkan, Rabu (28/6). Ditujukan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batupoaro.

Dalam rekomendasi tersebut dikatakan, diperoleh keterangan bahwa telah terjadi proses pembukaan kotak suara di Aula Kecamatan Batupoaro oleh anggota PPS Kelurahan Wameo atas nama Baharudin SPi dan Ketua KPPS TPS 8 Kelurahan Wameo atas nama Abdul Wahid SPd MPd untuk mengambil perlengkapan pemungutan suara yang telah tersimpan dalam kotak suara yang seharusnya perlengkapan tersebut berada di luar kotak suara.

Panwaslu Batupoaro menemukan ada indikasi kesalahan prosedur dan tata cara pembukaan kotak suara di Aula Kecamatan Batupoaro itu. Dimana, perlengkapan pemungutan suara didapatkan telah tersimpan dalam kotak suara yang seharusnya berada di luar kotak suara.

Saat itu, ada kotak suara pemilihan gubernur/wakil gubernur Sultra dan kotak pemilihan wali kota/wakil wali kota Baubau yang dibuka anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 8 di Aula Kecamatan Batupoaro. Dari dalam kotak itu, terdapat dua rangkap berkas hasil perhitungan suara yang di
keluarkan, yaitu Model C-KWK dan C1 KWK dan dua lembar berita acara serah terima kotak suara dari KPPS kepada PPS.

Atas fakta ini, Panwaslu Batupoaro mengaitkan pelanggaran PPS dan KPPS TPS 8 Wameo itu pasal 59 ayat (2) huruf a Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018. Regulasi ini menyebutkan bahwa pemungutan suara di TPS dapat diulang apabila hasil penelitian dan pemeriksaan Panwas Kecamatan terbukti terdapat satu atau lebih keadaan, yaitu pembukaan kotak suara dan/atau berkas pemungutan dan penghitungan suara tidak dilakuan menurut tata cara yang ditetapkan dalam peraturan perundang undangan.

Divisi Teknis Pemungutan dan Perhitungan Suara PPK Batupoaro, Sarif membenarkan rekomendasi Panwaslu Batupoaro itu. “Iya, kami diperintahkan untuk PSU di TPS 8 Wameo. Kami sudah rapatkan dengan Ketua KPU Baubau. Dan Ketua KPU Provinsi menyarankan untuk secepatnya melaksanakan PSU,” ungkap Sarif dikonfirmasi di halaman KPU Baubau, Kamis (28/6) malam.

Kata dia, pada dasarnya pihaknya siap melaksanakan perintah PSU tersebut. Diupayakan sesegera mungkin.

“Karena besok kami masih sibuk rekapitulasi tingkat kecamatan. Jadi setelah itu baru bisa kita distribusikan formulir C6 ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” ulasnya.

Seingat Sarif, terdapat 411 orang yang masuk dalam DPT TPS 8 Wameo. “Kalau DPTb itu kami tidak bisa identifikasi. Karena kejadian ini kan terkait masalah formulir C7 (daftar hadir) masuk kedalam kotak,” ulasnya.

Informasi yang diterima wartawan ini, selain TPS 8 Wameo, Panwaslu Kecamatan Murhum juga merekomendasikan PSU di TPS 3 Kelurahan Melai. (p1/exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top