Pasaran Tomat dan Cabai Buton Sampai ke Papua – Buton Pos
Ekobis

Pasaran Tomat dan Cabai Buton Sampai ke Papua

Komoditi tomat dan cabai Kabupaten Buton pasarannya sampai ke Maluku dan Papua

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Luas lahan pertanian Kabupaten Buton setiap tahun semakin bertambah. Hal ini berbanding lurus dengan peningkatan hasil produksinya. Khusus pada sektor tanaman tomat dan cabai, Dinas Pertanian (Distan) mengklaim pasarannya sampai ke Maluku dan Papua.

“Hasil pertanian yang sudah lebih dulu meningkatkan pendapatan petani itu yaitu tanaman tomat dan cabai. Tomat dan cabai ini sudah sampai ke Maluku dan Papua,” kata Kepala Distan Kabupaten Buton, Azizu, di kantornya, Kamis (25/1).

Selain tomat dan cabai, hasil pertanian berupa umbi-umbian juga menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat petani Kabupaten Buton. Setiap tahun mencapai ratusan karung yang dijual keluar daerah seperti Kota Baubau dan Kabupaten Wakatobi.

“Ubi jalar dan ubi kayu yang dijual keluar daerah mencapai ratusan karung setiap tahun. Ukuran isi karungnya mencapai 70-80 kilogram,” kata Azizu lagi.

Umbi-umbian menurut dia, merupakan sumber penghasilan utama bagi petani selain padi dan jagung. Petaninya tersebar di seluruh kecamatan Kabupaten Buton.

Hasil pertanian lain seperti sayur-sayuran, kelapa, kopi, kakao dan jambu mete, sambung Azizu, juga tidak kalah saing. Dari semua hasil pertanian ini diproyeksi membuat kesejahteraan petani selalu meningkat setiap tahun. Hal ini dipengaruhi oleh bertambahnya luas lahan dan semakin cerdasnya petani dalam bertani.

Selain itu, tambah Azizu, pihaknya pun tak henti-hentinya berupaya memenuhi kebutuhan petani. Hasilnya sekarang, hampir semua hasil pertanian di setiap kecamatan dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top