Pasca Dilantik, Bupati Buteng Minta Anggota BPD Kompak dengan Kades – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pasca Dilantik, Bupati Buteng Minta Anggota BPD Kompak dengan Kades

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Sebanyak 177 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 33 desa di empat kecamatan Kabupaten Buton Tengah (Buteng), resmi dilantik Bupati Samahuddin di Gedung Azzahra Lakudo, Senin (18/3/2019).

Para dewan rakyat tingkat desa yang turut diambil sumpahnya tersebut berasal dari Kecamatan Mawasangka sebanyak 15 desa, yakni Desa Wasilomata (5), Wasilomata II (5), Banga (5), Wakambangura (5), Napa (7), Balo Bone (5), Tanailandu (5), Polindu (3), Oengkolaki (5), Terapung (7), Gumanano (5), Kanapa-napa (5), Dahiango (5), Kancebungi (5), dan Matara (5).

Kecamatan Mastim, ada delapan desa yakni Desa Batu Banawa (5), Bungi (5), Wantopi (5), Inulu (7), Lasori (7), Bonemarambe (5), Wambuloli (5), dan Lagili (5).

Kecamatan Masteng, ada delapan desa pula yakni Desa Langkomu (5), Lalibo (5), Lanto (5), Lantongau (7), Morikana (7), Gundu-Gundu (5), Watorumbe Bata (5), dan Watorumbe (5).

Kecamatan Lakudo, hanya dua desa yakni Desa One Waara (7) dan Desa Wongko Lakudo (5). Total seluruhnya sebanyak 177 anggota BPD.

Diwawancara rekan media usai melantik para anggota BPD tersebut, Samahuddin meminta mereka agar bisa kompak dan seiring sejalan dengan kepala desa (Kades) dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebab, jika kedua lembaga pemerintahan desa ini berbenturan, maka akan berimbas terhambatnya roda pembangunan dalam desa.

“BPD dan Kades harus menjadi satu kesatuan dalam membangun desanya masing-masing. Jangan jalan sendiri-sendiri, karena akan berimbas pada pembangunan desa,” tegas Samahuddin.

Bupati pertama pilihan rakyat Buteng ini berpesan, apapun keputusan dalam pemerintahan desa itu harus melibatkan BPD. Apalagi menyangkut dengan dana desa maupun Alokasi Dana Desa (ADD). “Itu yang harus diutamakan, karena BPD itu fungsi pengawasannya seperti halnya anggota DPR-nya di tingkat desa,” imbuhnya.

Bupati juga mengingatkan para Kades dan BPD untuk menjaga proses dan pelaksanaan Pemilu 2019 yang tinggal sebulan lagi agar berjalan lancar dan aman. Begitu juga pelaksanaan Pilkades serentak yang diagendakan Juli nanti, BPD harus bersikap netral agar menghasilkan Kades yang benar-benar diinginkan rakyat.

Di tempat yang sama, Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Armin menjelaskan pelantikan 177 anggota BPD di 33 desa di empat kecamatan tersebut karena kepengurusan BPD yang lama sudah berakhir.

“Sebenarnya ada juga kecamatan lainnya yang sudah melakukan pemilihan calon anggota BPD dan sudah terpilih, namun masa kerja dan pengurusan BPD yang lama belum berakhir. Sehingga mereka akan kita agendakan di pelantikan serentak berikutnya. Tinggal masing-masing camat melaporkan ke Dinas PMD,” pungkasnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top