Pasca Pemilu, Tahapan Pilkades Serentak di Buteng Dimulai – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pasca Pemilu, Tahapan Pilkades Serentak di Buteng Dimulai

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Pasca Pemilu 2019 17 April, tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dimulai. Tahapannya sendiri diawali dengan rapat pembentukan panitia tingkat kabupaten yang melibatkan instansi terkait.

Setelah panitia tingkat kabupaten terbentuk, dilanjutkan dengan sosialisasi di tingkat kecamatan dan desa untuk membentuk pula panitia masing-masing tingkatan. Dengan beberapa proses tahapan tersebut, ditargetkan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Buteng digelar Juli 2019.

“Mungkin satu minggu setelah Pemilu serentak, kita sudah bisa bentuk panitia Pilkades serentak di tingkat kabupaten. Setelah itu disosialisasikan lagi di tingkat kecamatan untuk dibentuk panitia kecamatan dan selanjutnya di tingkat desa,” ungkap Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buteng, Armin, ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Untuk menggelar Pilkades serentak ini, Pemkab Buteng telah menganggarkan sebesar Rp 1,5 miliar lebih dari APBD 2019. “Anggaran tersebut untuk membiayai tahapan-tahapan Pilkades mulai dari pengamanan, pengawasan, hingga pelantikan nanti,” tutur Armin.

Dari 67 desa yang ada di kabupaten Buteng, tercatat sudah ada 35 desa yang masa jabatan kepala desanya berakhir 2018 dan 2019 ini akan mengikuti kontestasi Pilkades serentak tersebut. Saat ini, sudah ada sekitar 19 desa yang sementara dipimpin pejabat (Pj) Kades.

Untuk diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Buteng tahun 2019 ini mengacu pada Perda Nomor 7 Tahun 2017 tentang perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang kepala desa. Didalamnya sudah diatur tahapan-tahapan Pilkades, syarat calon Kades minimal tamatan SMP sederajat, hingga calon Kades maksimal lima calon.

“Kalau calon kadesnya lebih dari lima calon, maka akan dilakukan seleksi. Misal, calon kadesnya sampai tujuh orang, maka akan dilakukan seleksi dan tes para calon dari panitia kabupaten untuk menggugurkan dua calon kades lainnya,” jelas Armin.(uzi)

Adapun 35 desa dari tujuh kecamatan yang akan mengikuti Pilkades serentak 2019 di Kabupaten Buteng:

  1. Kecamatan Mawasangka
    Desa Wakambangura, Desa Polindu, Desa Banga, Desa Air Bajo, Desa Gumanano, Desa Wakambangura II, Desa Napa, Desa Balobone, Desa Wasilomata I, Desa Tanailandu, Desa Kanapa-napa, dan Desa Terapung.
  2. Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng)
    Desa Katukobari, Desa Lantongau, Desa Watorumbe Bata, Desa Gundu-Gundu, dan Desa Morikana.
  3. Kecamatan Mawasangka Timur, hanya diikuti satu desa yakni Desa Wambuloli.
  4. Kecamatan Lakudo
    Desa Teluk Lasongko, Desa Wongko Lakudo, Desa Metere, Desa Nepa Mekar, Desa One Waara, Desa Wajogu, Desa Moko, dan Desa Madongka.
  5. Kecamatan Gu
    Desa Lowu-Lowu, Desa Kamama Mekar, dan Desa Lakapera.
  6. Kecamatan Sangia Wambulu
    Desa Doda Bahari dan Desa Baruta Lestari.
  7. Kecamatan Talaga Raya
    Desa Kokoe, Desa Liwulompona, Desa Wulu, dan Desa Pangilia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top