Pasien Gagal Ginjal Meningkat 53,5 Persen – Buton Pos
Metro Baubau

Pasien Gagal Ginjal Meningkat 53,5 Persen

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Siloam Hospital Buton mencatat jumlah penderita gagal ginjal rata-rata meningkat 53,5 persen setiap tahunnya. Persentase itu diperoleh dari jumlah kunjungan pasien di Rumah Sakit yang terletak di Jln Sultan Hasanuddin, Kelurahan Batulo, Kecamatan Wolio, Kota Baubau itu.

“Pasien gagal ginjal untuk wilayah Kota Baubau meningkat rata-rata 53,5 persen tiap tahun. Awalnya 8 jadi 16, kemudian 30 pasien,” ungkap tenaga dokter ahli ginjal Siloam Hospital Buton, dr Denny Emilius dalam acara media gathering, Kamis (14/3) malam.

Ia mengakui, saat ini penanganan pasien gagal ginjal di Siloam Buton baru sebatas cuci darah atau hemodialisis. “Pasien yang rutin cuci darah juga meningkat sekitar 40 sampai 50 persen,” ujarnya.

Menurut dia, paradigma bahwa penderita gagal ginjal sudah tidak memiliki harapan hidup, itu hanya mitos. Faktanya adalah harapan hidup bisa mencapai 70 sampai 80 persen jika penderita menjalani Hemodialisis disertai memperbaiki pola hidup dan mengontrol diabetes dan tekanan darah.

“Kami melayani cuci darah sudah tiga tahun. Selama ini pasien yang kami lakukan tindakan cuci darah, semuanya berhasil. Fungsi ginjal pasien mengalami peningkatan,” ulasnya.

Denny menerangkan, penyebab gagal ginjal yang sering dijumpa adalah kencing manis dan tekanan darah tinggi. “Jadi hindari atau minimalisasi makanan siap saji, goreng-gorengan dan daging berprotein tinggi,” tambahnya.(exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top