Pasien Positif Covid-19 Dikarantina, Bupati Buteng Beri Semangat Sembuh dan Jamin Kebutuhan Hidup – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pasien Positif Covid-19 Dikarantina, Bupati Buteng Beri Semangat Sembuh dan Jamin Kebutuhan Hidup

BERI ARAHAN: Bupati Buteng H Samahuddin saat memberi arahan dan pesan kepada para pasien positif Covid-19 Kecamatan Masteng di luar gedung karantina

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON TENGAH – 18 warga Kabupaten Buton Tengah (Buteng) positif corona virus disease 2019 (Covid-19) dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG), diisolasi mandiri dengan monitoring Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayahnya masing-masing.

18 OTG positif Covid-19 dari klaster KM Ngapulu tersebut, tersebar di empat kecamatan. Kecamatan Gu 2 orang, Kecamatan Mawasangka 4 orang, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) 2 orang, dan Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) 10 orang.

Minggu (17/5/2020), Bupati Buteng H Samahuddin turun mengecek dan memastikan kelengkapan fasilitas serta kebutuhan makanan pasien positif Kecamatan Masteng di gedung UPTD Pendidikan kecamatan setempat.

Selanjutnya Samahuddin memimpin dan memantau dari jauh para petugas medis yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) saat menjemput para pasien OTG positif di rumahnya masing-masing untuk dibawa ke tempat isolasi mandiri atau karantina.

JEMPUT PASIEN: Bupati Buteng H Samahuddin saat memimpin penjemputan pasien positif Covid-19 Kecamatan Masteng bersama para tim medis

“Karena ini pasien OTG positif, maka sesuai dengan protokol kesehatan tidak perlu dibawa ke rumah sakit rujukan. Cukup diisolasi mandiri saja atau dikarantina di tempat yang agak jauh dari pemukiman untuk memutus rantai penyebaran virusnya. Terkecuali pasien positif itu menderita penyakit bawaan dengan kondisi sakit sedang, berat atau kritis baru dibawa ke rumah sakit rujukan,” jelas Samahuddin kepada media ini.

Orang nomor satu di Kabupaten Buteng ini mengaku, melihat warganya yang positif corona dengan kindisi sehat dan bugar tersebut, dirinya yakin mereka akan cepat sembuh dan kembali pulang berkumpul dengan keluarganya.

“Yang penting mereka patuh dan taat mengikuti anjuran dari tim medis, insya Allah mereka akan cepat sembuh,” yakin Samahuddin.

Di hadapan para pasien OTG positif corona yang dikarantina, dari kejauhan dengan menggunakan pengeras suara, bupati mengatakan mereka diisolasi di tempat tersebut bertujuan untuk disembuhkan dan memutus rantai penyebaran virusnya dengan keluarga dan orang lain.

“Tidak usah pusing dengan makan dan minum saudaraku sekalian, kami akan siapkan kebutuhan hari-harinya. Disitu sudah ada tempat tidur dilengkapi dengan kipas angin dan televisi untuk hiburan. Kalau merasa masih kurang, tolong sampaikan supaya kita siapkan,” tuturnya.

Dalam arahannya tersebut, bupati juga memberikan semangat kepada para pasien positif untuk tidak takut karena sebagai pasien OTG harapan untuk sembuh sangat besar. Apalagi di depan gedung karantina ada lapangan, bisa untuk berolahraga pagi dan sore atau senam dan berjemur matahari pagi.

CEK FASILITAS: Bupati Buteng H Samahuddin, didampingi Camat Masteng Hamka saat mengecek fasilitas tempat karantina pasien positif Covid-19

Samahuddin pun mendoakan mereka agar diberi kesembuhan dari virus corona dan dapat berkumpul dengan keluarganya. “Ini doa ketulusan seorang pemimpin kepada rakyatnya agar disembuhkan dari virus corona agar bisa berkumpul kembali dengan keluarganya dan berinteraksi sosial dengan masyarakat lainnya,” tutupnya.

Pantauan media ini, saat mengecek kesiapan dan fasilitas tempat karantina serta menjemput pasien positif dan memberikan pengarahan, bupati turut didampingi Kadis Kesehatan Kasman, Kadis Sosial Malik, Kadis Perikanan Muh Rijal, Kadis Pendapatan Lukman, Camat Masteng Hamka, Kapolsek Masteng Ipda Arifin, dan Danramil 1413-04 Mawasangka Lettu Inf Syafaruddin.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top