PCI Tawarkan Program Air Minum Untuk Sekolah – Buton Pos
Metro Baubau

PCI Tawarkan Program Air Minum Untuk Sekolah

Surayah Ryha

BUTONPOS.COM, BAUBAU-Project Child Indonesia (PCI) memberikan perhatian khusus terhadap hak-hak anak melalui program air minum untuk sekolah. Hal itu disampaikan bersama Pemkot Baubau di salah satu restaurant, Jumat (29/6).

Direktur PCI, Surayah Ryha, mengungkapkan, saat ini hak-hak anak di sekolah tidak terpenuhi, sehingga melalui program air minum untuk sekolah dapat memudahkan anak untuk mengakses air minum.

“Bisa dibayangkan kalau kita disuruh membawa udara masing-masing, begitu pula air minum yang merupakan hak dasar. Nah saat ini belum ada pengelolaan air minum secara kolektif, oleh karena itu menarik kalau kita lihat ada bentuk lembaga oleh guru, orang tua, pemerintah dan pihak ketiga untuk mendampingi organisasi pendamping untuk mengelola air minum di sekolah,” ujar Surayah Alumni SMAN 1 Baubau kepada wartawan.

Lembaga yang berkantor di Jogjakarta itu, sangat gigih untuk mengakses air minum ke sekolah-sekolah di daerah kepulauan. Bukan hanya itu, program yang ditawarkan PCI juga diantaranya memberikan pendidikan alternatif di bidang kesehatan dan lingkungan hidup selama setahun bagi siswa dan siswi.

Dijelaskan, tujuan dari program tersebut adalah untuk mengurangi kebiasaan siswa dalam mengkonsumsi minuman dengan pewarna dan pemanis buatan sehingga melahirkan tingginya produksi sampah plastik.

LSM berbasis komunitas tersebut akan fokus pada pendidikan kesehatan dan lingkungan hidup. Saat ini mereka telah melakukan observasi di beberapa sekolah, diantaranya di Pulau Makasar dan Kelurahan Sulaa.

Pj Wali Kota Baubau, H Hado Hasina, menyambut baik program yang ditawarkan PCI. Menurutnya, tidak semua program itu dipikirkan oleh pemerintah, sehingga LSM yang berfokus pada bidang tersebut patut diberikan dukungan.

“Mereka ini adalah masyarakat yang profesinya di bidang itu, tinggal kita fasilitasi saja. Apa saja yang baik harus disetujui di Baubau ini, sesuai dengan program pemerintah, tidak perlu seluruhnya harus dipikirkan oleh pemerintah,” jelasnya.

“Sebetulnya kita ingin mengulangi program sukses penyediaan air bersih untuk anak-anak sekolah, seperti di daerah-daerah lain di Jogja, di Fak-Fak dan di Pacitan, jadi kita bersemangat untuk menjadikan air untuk sekolah di Kota Baubau,” tutupnya.(p1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top