Peduli Pendidikan, RossY Gratiskan Seragam Sekolah – Buton Pos
Metro Baubau

Peduli Pendidikan, RossY Gratiskan Seragam Sekolah

Roslina Rahim dan La Ode Yasin
Roslina Rahim dan La Ode Yasin

BAUBAU – Satu lagi program prioritas pasangan Roslina Rahim dan La Ode Yasin Mazadu yang menyentuh masyarakat. Program tersebut yakni Peduli Pendidikan.

Melalui program ini, bila terpilih jadi wali kota dan wakil wali Kota Baubau periode 2018-2023, pasangan yang berakronim RossY itu akan memberikan seragam gratis setiap siswa yang baru masuk sekolah. Selain itu, duet politisi itu juga akan meningkatkan sumber daya manusia Kota Baubau melalui sekolah kejuruan.

Diakui RossY, memang setiap tahun Pemerintah Pusat telah mengalokasikan 20 persen dari total Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun setiap ajaran baru, orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya utamanya dari kalangan menengah ke bawah masih terbebani dengan penyediaan seragam sekolah. Karena itu RossY merencanakan program Peduli Pendidikan itu untuk meringankan beban orang tua tersebut.

RossY mengestimasi jumlah murid baru yang mendaftar di semua jenjang pendidikan di Kota Baubau sekitar 29.000 per tahun. Dari jumlah tersebut, diperkirakan banyak berasal dari keluarga kurang mampu atau keluarga yang memiliki penghasilan di bawah standar. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, masih terkendala dalam hal ekonomi.

Pasangan RossY meyakini kendala tersebut bisa diatasi dengan program Peduli Pendidikan. Program ini dipastikan akan mengurangi beban orang tua di setiap tahun ajaran baru. Karena seragam sekolah yang menjadi beban orang tua akan teratasi. Apalagi program RossY ini akan memberikan seragam mulai dari murid tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA).

Roslina Rahim, selaku calon Wali Kota Baubau mengutarakan, program Peduli Pendidikan ini merupakan salah satu program yang termuat dalam 44 program unggulan dan menjadi salah satu program prioritas dari 15 program yang digagas pasangan RossY.

Untuk merealisasikan program ini, menurut mantan ketua DPRD Kota Baubau ini, membutuhkan alokasi anggaran sebesar Rp 14,5 miliar per tahun. “Besaran anggaran tersebut berdasarkan estimasi pengadaan pakaian per siswa sebesar Rp 500 ribu pada setiap penerimaan murid baru,” terangnya.

Roslina menambahkan, selain program pengadaan seragam sekolah di setiap penerimaan murid baru, RossY juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui dunia pendidikan dengan memberikan dukungan sepenuhnya dalam rangka optimalisasi tugas, fungsi, dan peran sekolah menengah kejuruan (SMK).

“Khususnya yang SMK berbasis pertanian di Kecamatan Sorawolio, SMK berbasis peternakan di Kecamatan Bungi, dan Sekolah Nautica Perikanan Laut (SNPL) di Kecamatan Kokalukuna, dalam rangka menciptakan tenaga-tenaga terampil disektor pertanian, peternakan, dan perikanan itu,” akunya. (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top