Pelatihan Keterampilan, Disnaker Buton Bakal Sasar Desa – Butonpos
Suara Buton

Pelatihan Keterampilan, Disnaker Buton Bakal Sasar Desa

foto: pixabay

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Sebagai upaya mengurangi angka pengangguran, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Buton berencana bakal membuat pelatihan keterampilan masyarakat pedesaan. Jenis pelatihannya nanti disesuaikan dengan potensi yang ada di setiap desa.

Kepala Disnaker Kabupaten Buton, Harmin mengatakan, sebagai langkah awal pihaknya akan memulai pelatihan di Desa Kamelanta, Kecamatan Kapontori. Rencana pelaksanaannya pekan depan atau sebelum penilaian program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di desa tersebut.

“Untuk persiapan sekarang ini Desa Kamelanta, kita sudah komunikasi dengan kepala desa untuk menyiapkan ibu-ibu di sana,” kata Harmin, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/10).

Digelarnya pelatihan, jelas Harmin, adalah merupakan salah satu kewajiban pihaknya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Semua potensi yang ada akan diangkat kembali kemudian dijadikan sebagai keterampilan bernilai ekonomi.

“Misalnya di desa itu kan ada pisang, singkong ataupun ubi. Itu bisa kita jadikan keripik. Atau kita berikan lagi pelatihan lain seperti cara membuat sirup, pembuatan abon serta potensi-potensi lain yang bisa meningkatkan taraf hidup mereka. Sehingga melelui keterampilan yang kita berikan itu bisa membuat mereka mandiri,” jelasnya.

Sebagai uji coba, kata dia, pihaknya pernah menggelar pelatihan terhadap masyarakat Desa Koholimombono, Kecamatan Wabula, sebelum penilaian lomba desa, beberapa bulan lalu. Pelatihan yang diberikan berupa cara membuat dodol, keripik dan sirup.

Dari situ, lanjut Harmin, pihaknya berkesimpulan bahwa semua potensi yang ada di desa bisa dikembangkan. Namun lagi-lagi kembali pada ketersediaan anggaran dan kurangnya tenaga pendamping teknis.

“Jadi mudah-mudahan di 2018 nanti Tenaga Kerja eksennya bisa lebih bagus. Walaupun belum lama kita mekar, tapi kita akan berusaha disamping menggunakan APBD mudah-mudahan kita bisa mendapatkan juga anggaran dari APBN,” tandasnya. (man)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top