Pemda Kolaka Kembali Terancam Krisis Keuangan – Butonpos
Suara Sultra

Pemda Kolaka Kembali Terancam Krisis Keuangan

ILUSTRASI

BUTONPOS.COM, KOLAKA – Jajaran penyelenggara pemerintahan daerah dan stakeholder kabupaten Kolaka hampir dipastikan akan kembali menghadapi “krisis” keuangan jilid dua.

Sinyal bakal terulangnya masalah keuangan tersebut dikemukakan Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam sambutannya saat melantik dua direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kolaka di ruang kerjanya, Jumat (11/8) kemarin.

Masalah keuangan tersebut berupa pemotongan Dana Bagi Hasil (DBH) dari pusat yang nilainya diperkirakan mencapai lebih dari Rp 23 miliar.

Pengurangan atau pemotongan DBH tersebut, kata Safei, didasari perhitungan pemerintah pusat (Kementerian Keuangan) bahwa pada tahun 2013-2014 telah terjadi kelebihan bayar, sehingga menyebabkan Pemda Kolaka berhutang.

“Kementerian sendiri yang transfer tapi mereka juga yang menyatakan kelebihan bayar. Jadi kita harus bersiap-siap lagi, mengingat ada beberapa kegiatan yang progresnya sudah berjalan dan yang sudah disusun. Bisa terganggu,” ungkap Safei.

Selain akibat pemotongan DBH, kondisi keuangan Pemda Kolaka hingga satu tahun ke depan juga dipastikan masih terbebani dengan kemungkinan terjadinya pengurangan transferan Dana Alokasi Umum (DAU) yang diperkirakan mencapai Rp 41 miliar.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top