Pemkab Busel Tetapkan Sepuluh Desa Bersinar – Buton Pos
Ragam

Pemkab Busel Tetapkan Sepuluh Desa Bersinar

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) mencanangkan dan menetapkan pembentukan sepuluh desa Bebas Narkotika (Bersinar).

Program ini diinisiasi Badan Narkotika Nasional (BNN) agar semua kabupaten/kota membentuk desa/kelurahan Bersinar. BNN mencanangkan desa Bersinar ini sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan bahaya Narkotika.

Sepuluh desa bersinar itu ditetapkan berdasarkan peraturan bupati (Perbup) Busel nomor 295 tanggal 25 Juni 2019. Selain itu, yang menjadi target sosialisasi yakni sekolah-sekolah yang ada di Busel.

Sepuluh desa Bersinar itu yakni Desa Pogalampa, Desa Tira, Desa Lapandewa Makmur, Desa Banabungi Selatan, Desa Wacuala, Desa Batuatas Timur, Desa Lapara, Desa Molona, Mokobeau dan Mbanua.

Kepala Badan Kesbangpol, La Mai Minu mengatakan, salah satu pertimbangan sepuluh desa Bersinar dari total 60 desa dan sepuluh kelurahan di Busel, memang penyakit masyarakat dan mengantisipasi peredaran narkoba di sepuluh desa itulah yang diusung untuk menjadi desa percontohan pemberantasan narkotika.

Menurutnya, disamping posisi sepuluh kelurahan wilayahnya cukup strategis di Siompu itu, di Desa Lapara memiliki dermaga. Di Kadatua di Desa Banabungi Selatan juga memiliki dermaga. Sehingga akses untuk masuk di wilayah itu cukup besar, maka ini salah satu pertimbangan sehingga dijadikan desa Bersinar.

“Pertimbangannya lokasi strategis sehingga dengan penetapan desa itu sebagai desa Bersinar. Harapan kami desa-desa disekitarnya ikut menjadi terlibat dalam rangka penyebaran dan pemberantasan narkoba. Desa itu nanti betul-betul menjadi desa percontohan lainnya, sehingga ke depan tidak ada satupun warga desanya yang terlibat peredaran dan pengguna narkoba,” katanya.

Kata dia, desa Bersinar itu bukan hanya bersih dari narkoba, tapi juga bebas dari penyakit masyarakat. Ini dalam rangka keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat. Ini juga sebagai syarat dalam rangka pembangunan yang kondusif.

Ia berharap, seluruh masyarakat Busel khususnya bisa hidup tanpa narkoba. Dengan begitu, narkoba yang menjadi pembunuh utama dikalangan masyarakat terutama pengguna narkotika tidak ada ruang geraknya untuk masuk wilayah Busel. “Kita berharap Kabupaten Busel menjadi kabupaten yang bersih dari Narkotika,” harapnya. (nus)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top