Pemkab Buton Genjot PAD dengan Regulasi Baru – Buton Pos
Suara Buton

Pemkab Buton Genjot PAD dengan Regulasi Baru

BUTONPOS.COM, BUTON – Sumber pendapatan Kabupaten Buton hampir 100 persen berasal dari dana transfer pusat dan provinsi. Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini hanya lebih kurang Rp 18 miliar saja. Sehingga, dalam menjalankan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019, mau tidak mau harus mengekor kepada program nasional sebagaimana dipersyaratkan pemilik anggaran.

Dari APBD 2019 lebih kurang Rp 750 miliar, setelah dikeluarkan kebutuhan gaji pegawai dan sebagainya, maka sisanya 25 persen untuk pembangunan infrastruktur, 20 persen pendidikan, dan 10 persen kesehatan. Khusus dana alokasi umum (DAU), 10 persennya wajib diberikan untuk alokasi dana desa (ADD).

Segala ketentuan tersebut merupakan program nasional sebagaimana penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN) era Presiden RI Joko Widodo. Kebijakan politik pembangunan daerah baru dapat dijalankan setelah ada sisa anggaran dari ketentuan nasional.

“Sumber pendapatan kita sekarang masih bertumpu pada dana transfer dari pusat dan provinsi. Kalau PAD kita tahun ini masih di bawah 20 miliar,” kata Sekab Buton, LM Zilfar Djafar, kepada sejumlah awak media di eks Kantor Bupati Buton, Pasarwajo, beberapa waktu lalu.

Dia mengungkapkan, harapan kebijakan umum APBD 2019 adalah sebanyak Rp 800 miliar lebih. Namun yang mampu didapat hanya Rp 750 miliar lebih. Jadi terjadi penurunan sekitar Rp 55 miliar dari APBD 2018.

Zilfar menjelaskan, dalam upaya melepaskan ketergantungan terhadap pemerintah pusat dan provinsi, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan PAD pada tahun-tahun akan datang melalui berbagai regulasi baru. Termasuk menambah penyertaan modal di Bank Sultra agar devidennya lebih besar.

“Selain kita mencoba membuat regulasi baru peningkatan PAD, kita juga akan menambah penyertaan modal di Bank Sultra. Keuntungan dari Bank Sultra berupa deviden. Dari deviden ini kita harapkan mampu menjawab agenda-agenda kebijakan daerah setiap tahun,” ujarnya. (sr/man)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top