Pemkab Buton Kirim Tujuh Pelajar Kuliah di Batam – Butonpos
Suara Buton

Pemkab Buton Kirim Tujuh Pelajar Kuliah di Batam

la ode zainuddin napa

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Guna mengembangkan sektor pariwisata ke depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton mengirim tujuh orang pelajar untuk lanjut kuliah di Batam Tourism Polytehcnic (BTP), Kepulauan Riau.

Pengiriman tujuh pelajar tersebut merupakan kerja sama Pemkab Buton melalui Dinas Pariwisata (Dispar) dengan BTP. MoU nya diteken oleh Plt Bupati Buton La Bakry dan Direktur BTP M Nur A Nasution, 5 Mei 2017 lalu.

Ketujuh pelajar yang dibekali dengan beasiswa itu merupakan perwakilan dari setiap kecamatan Kabupaten Buton. Mereka diberi waktu untuk melakanakan studi di BTP lebih kurang selama empat tahun.

“Kita pilih BTP Batam karena di sana itu prateknya 75 persen dab teori 25 persen. Kalau nanti dilihat bagus, bisa langsung dipakai kerja ke luar negeri seperti perhotelan di Abu Dhabi,” kata Kepala Dispar Kabupaten Buton La Ode Abdul Zainuddin Napa, di ruang kerjanya, Kamis (12/10).

Dikatakan, beasiswa yang disiapkan setiap orang selama kuliah sebanyak Rp 200 juta. Biaya itu bersumber dari APBD Buton.

Mereka yang mendapatkan beasiswa ini merupakan putra-putri terbaik jebolan SMA/Sederajat tiap kecamatan. Dan baru kali ini, kata Zainuddin, Pemkab Buton mengirim pelajarnya untuk lanjut kuliah ke luar daerah.

Buton juga, lanjut dia, merupakan satu-satunya daerah di Indonesia Timur yang bekerja sama dengan kampus swasta terbesar di Batam khususnya di bidang SDM kepariwisataan. “Ini adalah sebuah kebanggaan buat kita karena dipercaya oleh kampus itu,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, BTP memilih Pemkab Buton untuk bekerjasama karena diketahui memiliki banyak potensi dan komitmen yang besar untuk mengembangkan pariwisata.

“Kita aktif menggenjot pariwisata, sehingga pihak kampus mau bekerjasama dengan kita untuk mengembangkan SDM bagi generasi muda Buton,” tuturnya.

Program kerjasama ini merupakan investasi masa depan buat Pemkab Buton. Sekaligus merupakan komitmen Umar-Bakry dalam mengembangkan SDM di wilayah eks Kesultanan Buton. Ini juga temarmasuk bagian dari upaya mengatasi kesulitan lapangan kerja melalui peningkatan SDM yang berkualitas internasional, kreatif, dan mampu berwirausaha.

“Setelah ilmunya mapan mereka akan di kirim bekerja ke luar negeri atau bisa juga kembali ke daerah. Saat kembali nanti kita harap mereka akan menerapkan ilmunya,” imbuhnya.

Zainuddin berharap pelajar yang diberi beasiswa itu dapat belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh supaya menjadi lulusan terbaik nantinya. Sebab kesempatan ini tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Adapun pelajar yang mendapat beasiswa tersebut yakni Rifan lulusan SMAN 1 Lasalimu Selatan, Candra Lulusan SMAN 1 Lasalimu Selatan, Maulana Malik Ibrahim lulusan SMKN 2 Pasarwajo, Fatur Rahman MA Swasta Lasalimu, LM Nazar Madani MA Swasta Lasalimu, Jihan Safira lulusan SMKN 1 Lasalimu Selatan, dan Yudi lulusan SMAN 1 Kapontori. (man)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top