Pemkab Butur Ajak Masyarakat Kembangkan Kemitraan Pariwisata – Buton Pos
Suara Buton Utara

Pemkab Butur Ajak Masyarakat Kembangkan Kemitraan Pariwisata

BUTONPOS.COM, BUTON UTARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) menunjukkan keseriusan dalam membangun sektor kepariwisataan di daerah itu. Bahkan, masyarakat diajak turut serta berperan dalam pengembangan kemitraan pariwisata.

Salah satu langkah kongkrit, Pemkab Butur menggelar seminar yang menghadirkan pemateri dari TP PKK, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) serta Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Butur. Seminar ini juga melibatkan sejumlah organisasi seperti komunitas perhotelan, kelompok pengrajin tradisional dan kelompok kuliner.

Bupati Butur, Abu Hasan yang diwakilkan Sekda Muh Yasin memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Ia menilai kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan secara aplikasi dari pelaku dan stakeholder dalam pengembangan pariwisata sebagaikan tertuang dalam visi misi dan RPJMD Butur tentang sapta pesona dan kesadaran pembangunan pariwisata secara konprehensif.

“Kita harapkan kedepan para pelaku wisata dan masyarakat di sekitar wisata dapat membantu dalam pengembangan kepariwisataan di Butur,” jelasnya.

Dia juga mengajak untuk bersama-sama dalam melakukan gerakan pembangunan kepariwisataan di Butur atas dasar kerja sama, sinergis, strategis dan harmonis.

“Kita berharap kiranya kegiatan seperti ini benar-benar tepat sasaran dan sampai pada tujuan, serta menjadi kegiatan rutin tiap tahunnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar, Santi Fajar Ningsih menjelaskan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan sumber daya kepariwisataan berkaitan dengan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata dan budaya.

Melalui partisipasi masyarakat, menurut dia, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam kepariwisataan, untuk meningkatkan potensi pariwisata.(m7/exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top