Pemkab Masih Prioritas Infrastruktur Dasar – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Pemkab Masih Prioritas Infrastruktur Dasar

agus feisal hidayat

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Pemkab Busel) memastikan, fokus prioritas pembangunan pada APBD tahun 2018 mendatang adalah terwujudnya sarana kebutuhan yang sangat asasi seperti listrik, air bersih dan kualitas jalan.

Bupati Busel, Agus Feisal Hidayat menyatakan, basis pembangunan Busel kedepan adalah bernafaskan wisata. Sebab, dari seluruh pemasukan devisa negara yang tidak mengalami penurunan bahkan terus menaik adalah sektor wisata.

Sementara sektor pertambangan dan Migas tiap tahun terus mengalami penurunan pendapatan negara. Untuk itu, Agus menginginkan pembangunan Busel ke depan berbasis wisata. Dan seluruh SKPD harus bersinergi mendorong perkembangan pariwisata Busel.

Ditahun awal pemerintahanya, Agus mengaku akan memprioritaskan persoalan air bersih, listrik dan jalan. Tahun anggaran 2018 mendatang ditargetkan menjadi skala kebutuhan utama. Secara bertahap kebutuhan dasar tersebut akan direalisasikan.

“Kalau jalannya, air bersih, listriknya sudah terpenuhi, wisatawan asing juga akan datang ke Busel lebih tertarik. Dengan kondisi seperti saat ini saja sudah tertarik, apalagi sudah fasilitasnya diperbaiki,” ujarnya.

Permasalahan pokok Busel adalah pembangunan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan. Belum meratanya pembangunan infrastruktur dan aksesibilitas wilayah yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan, ini menjadi fokus perhatian yang harus diwujudkan dan dituntaskan.

Sesuai data RPJMD Busel terungkap bahwa pemanfaatan pelestarian dan pengembangan budaya sebagai penggerak wisata belum optimal. Selain itupembangunan dan pemerataan ekonomi daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga belum tergarap dengan baik.

Persoalan pokok lainya adalah belum terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan profesional. Masih rendahnya daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Busel.

Untuk itu, isu strategis yang harus diatasi adalah percepatan penanggulangan kemiskinan. Posisi strategis Busel sebagai pusat kendali Hankamnas yang dapat mengendalikan logistik Indonesia tengah dan timur. Pembangunan pelabuhan cargo wilayah daratan dan pelabuhan penyeberangan wilayah kepulauan sebagai infrastruktur kepelabuhanan yang wajib dibangun dan dikembangkan. Pelestarian lingkungan hidup dan penataan ruang. Tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Pelestarian situs dan nilai budaya yang bernafaskan Islami sebagai aset wisata religi bagi wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Visi Busel kedepan yakni terwujudnya Kabupaten Busel sebagai pedoman pusat pertumbuhan baru melalui optimalisasi sumber daya lokal menuju masyarakat sejahtera, mandiri dan bermartabat.

Selain itu, meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar untuk menjamin mobilitas penduduk yang dinamis dalam prinsip pembangunan berkelanjutan. Meningkatkan pembangunan SDM Busel yang berkualitas dan berdaya saing. Meningkatkan kualitas penyelenggaran pemerintah yang efektif dan efisien. Mengembangkan perekonomian masyarakat yang berbasis potensi lokal daerah. Mengembangkan nilai-nilai budaya lokal dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan dan pariwisata fokus misinya kelestarian budaya.

Sedangkan sasaran lima tahun mendatang yakni meningkatkannya konektivitas dan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar, startegis prioritas peningkatan aksesibilitas dan layanan infrastruktur dasar dan pemerintahan yang berkualitas. Meningkatnya kualitas infrastruktur pemerintahan strategis prioritas peningkatan kualitas layanan transportasi.

Meningkatkan pengelolaan sampah perkotaan, strategis prioritas peningkatan dan pemeliharaan kualitas lingkungan hidup. Meningkatkan kualitas pendidikan daerah prioritas peningkatan kualitas mutu dan akses pelayanan pendidikan. Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat.

Prev1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!