Pemkab Siap Diplomasikan Aset PDAM Buton – Buton Pos
Ragam

Pemkab Siap Diplomasikan Aset PDAM Buton

Wabup La Ntau didampingi Sekab La Ode Hasimin saat memimpin rapat pembentukan BUMD Kabupaten Buteng

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Untuk memberikan keuntungan kedua belah pihak terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PADM) di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang masih menjadi aset Kabupaten Buton, Pemkab Buteng akan membetuk tim diplomasi yang akan berkoordinasi dengan Pemkab Buton secepatnya.

Pembentukan tim diplomasi tersebut disepakati dalam rapat pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Buteng yang digelar di Gedung Azzahra Lakudo, Jumat (15/9).

Rapat yang difasilitasi Bagian Ekonomi dan SDA itu, dipimpin Wakil Bupati Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau yang ikut dihadiri Sekab La Ode Hasimin, Asisten I La Saripi, dan Asisten II La Angkata. Sementara peserta rapat dari para Kepala SKPD, Kabag, dan para camat.

Ditemui usai memimpin rapat, Wabup La Ntau mengatakan selain untuk membentuk BUMD di Kabupaten Buteng kedepan, rapat tersebut juga membahas keberadaan BUMD yang masih menjadi aset Kabupaten Buton yakni PDAM yang berkantor di Lombe, Kecamatan Gu.

Pasalnya, PDAM tersebut memanfaatkan sumber daya alam Kabupaten Buteng sementara kontribusi hasilnya untuk ke kas daerah tidak ada. Padahal, Kabupaten Buteng sangat berharap ada kontribusi BUMD untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih minim sebagai daerah otonom baru.

“Memang saat ini kita belum memiliki BUMD untuk menggenjot PAD kita. Seperti PDAM yang masih menjadi aset Kabupaten Buton itu, jika tidak mau diserahkan Pemkab Buton setidaknya ada kontribusi hasil yang diberikan kepada Kabupaten Buteng,” harapnya.

Maka itu, dirinya sudah memerintahkan Sekab Buteng membentuk tim diplomasi untuk mengkoordinasikan dan membicarakan aset PDAM ini ke Pemkab Buton di Pasarwajo. Selain itu, dirinya juga menugaskan membentuk tim pula untuk pembentukan BUMD di Kabupaten Buteng sesuai potensi yang dimiliki daerah.

“Tinggal dilihat BUMD apa yang bisa kita dirikan di Kabupaten Buteng ini sesuai potensi sumber daya alam kita untuk meningkatkan PAD,” tandasnya.

Sementara itu, Sekab Buteng La Ode Hasimin berharap tim diplomasi yang akan berkoordinasi dengan Pemkab Buton nanti agar sesuai aturan menyerahkan aset PDAM menjadi milik Kabupaten Buteng yang mungkin dengan adanya tawaran kompensasi.

“Saya kira Kabupaten Buton itu adalah induk atau ibu kita dan seorang ibu itu tidak mungkin akan menyusahkan anaknya. Kalau kita minta secara baik-baik, pasti akan diberikan juga dengan baik tanpa merasa dipaksa,” tukas Hasimin.(uzi)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!