Pemkab Wakatobi Segera Tertibkan Koperasi Tanpa Izin – Buton Pos
Suara Wakatobi

Pemkab Wakatobi Segera Tertibkan Koperasi Tanpa Izin

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Praktik bunga tinggi yang diterapkan sejumlah koperasi di Kabupaten Wakatobi dinilai sangat meresahkan nasabah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi akan segera menertibkan koperasi tanpa izin yang memberi bunga tinggi.

Jika sudah ditertibkan, masyarakat akan memanfaatkan program kredit usaha mikro Wakatobi Bersinar yang digagas Pemkab Wakatobi dengan Bank Sultra. Salah satu produk yang bisa dinikmati masyarakat adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Sultra.

Bupati Wakatobi, H. Arhawi, sebagaimana diberitakan Kendaripos.co.id, mengakui masih banyak koperasi yang meresahkan masyarakat. Pihaknya akan menertibkan koperasi yang sudah tidak aktif, tidak memiliki izin hingga yang tidak melakukan rapat anggota tahunan.

Apalagi bunga pinjaman yang cukup mencekik masyarakat. Makanya saya sudah instruksikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Wakatobi agar segera menertibkan,” ujar Arhawi.

Selain itu, banyak masalah yang terjadi di masyarakat setelah melakukan pinjaman di koperasi-koperasi. Ia ingin, dengan adanya program kredit usaha mikro dengan bunga nol persen bisa membantu masyarakat kecil yang ingin mengembangkan usahanya.

Saya ingin masyarakat memanfaatkan KUR ini dengan baik. Hanya mengembalikan modal saja tanpa bunga. Karena bunganya ditanggung Pemda Wakatobi,” harap Arhawi.

Sekedar diketahui, pemberian kredit usaha mikro akan diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha dan berkasnya lolos verifikasi pihak Bank Sultra berdasarkan regulasinya. Jika memenuhi syarat, masyarakat yang mengusulkan akan diberikan pinjaman maksimal Rp 25 juta. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top