Pemkot Baubau Bangun Terminal Worung Musio – Buton Pos
Ekobis

Pemkot Baubau Bangun Terminal Worung Musio

roni mukhtar

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Sebagai upaya menciptakan manajemen transportasi yang baik seperti mengurai kemacetan dimasa depan, Pemerintah Kota Baubau membangun terminal tipe C di Warumosio.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau, Roni Mukhtar mengatakan bilamana terminal itu bisa beroperasi, maka bisa berperan sebagai terminal pusat kota. Pasalnya luas terminal ini menyamai luas Terminal Lapangan Tembak yang ada di Kecamatan Wolio.

“Yang fungsinya karena ia tipe C dan adanya di pusat kota. Akan menjadi pusat distribusi ke beberapa wilayah yang ada di Kota Baubau. Luas lahannya saya lupa, tapi yang kita angan-angankan seperti itu,” kata Roni Muhtar Kadis Perhubungan Kota Baubau, Saat ditemui di Gedung DPRD Kota Baubau, Selasa (28/11/2017).

Roni menegaskan, jika tidak ada aral melintang, maka 2018 sudah bisa dioperasikan.

“Agenda besarnya untuk manajeman untuk transportasi Kota Baubau ini, pada saat terminal tipe B Lakologou sudah bisa berfungsi, lalu jalan Bypass sudah bisa beroperasi atau di manfaatkan. Nanti akan menghubungkan dari satu areal ke areal lainnya dalam wilayah Kota Baubau, itu akan kita memanfaatkan kendaraan bus, untuk mendukung itu rencananya akan ada halte-halte,” jelas Roni.

Selanjutnya Roni mengatakan subtansi pembangunan terminal ini bukan sekedar mendatangkan Pendapatan Asli Daerah tetapi juga berfungsi sebagai pengurai kemacetan transportasi Kota Baubau yang mulai padat. Dan menjadi kebutuhan yang sangat penting mengingat Kota Baubau saat ini belum memiliki terminal pusat kota.

“Makanya kita coba adakan di sana karena di fasilitasi pendanaannya oleh provinsi. Jadi kita patut berterimakasih kepada pemerintah Provinsi yang membantu mengatasi masalah-masalah dengan pelaksanaan aktifitas bertransportasi di dalam Kota Baubau,” jelas Roni.

Kadis Perhubungan ini menjelaskan pemerintah juga akan membangun terminal tipe C di Bone-bone yang terintegrasi dengan terminal Warumosio.

“Itukan akan menjadi bagian jalur yang membantu jalur kendaraan yang beroperasi di dalam wilayah Kota Baubau. Itu nanti akan di atur, di tata. Dan soaal itu kan sudah ada studi tentang manajemen Lalulintas, manajemen transportasi nanti kita akan mengacu kepada apa yang telah di hasilkan,” terang Roni. (po3)

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!