Penambangan Illegal di Buteng Marak – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Penambangan Illegal di Buteng Marak

alimuddin

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Maraknya penambangan Galian C (Batu Pasir dan Batu Kapur) yang dilakukan secara illegal di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), mengancam adanya abrasi pantai dan kerusakan lingkungan di sejumlah titik di daerah yang dijuluki negeri seribu gua itu.

Aktivitas penambangan di tempat yang sudah rawan rusak, telah dihentikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buteng sejak 2015 lalu. Namun sekarang, muncul lagi aktivitas penambangan illegal di sejumlah titik yang mencapai ratusan.

“Sejauh ini kita belum menghentikan para penambang illegal tersebut, karena belum ada indikasi kerusakan lingkungan disitu,” ungkap Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Buteng H La Alimuddin ditemui sejumlah media di kantor bupati, Rabu (8/11).

Selain belum ada indikasi kerusakan lingkungan, pihaknya juga masih kekurangan personil di lapangan sehingga menghambat penertiban penambangan Galian C yang dilakukan secara illegal tersebut. “Terus terang, kita masih kekurangan personil untuk melakukan penertiban di lapangan,” katanya.

Alimuddin berharap, seluruh kegiatan yang belum mengantongi izin khusus tentang Analisis Dampak Lingkungan (Amdal), agar mengurus izin terlebih dahulu sebelum melanjutkan aktivitas penambangan. “Jangan sampai Buton Tengah terjadi bencana alam karena adanya abrasi pantai dan kerusakan lingkungan,” tandasnya.

sementara itu, Ketua DPRD Buteng Adam menegaskan, apapun bentuk aktivitas penambangan apabila belum mengantongi izin tetap segera diberhentikan sampai ada izin dari instansi terkait. “Nanti kalau sudah dapat izin, silahkan dilanjutkan lagi,” tukasnya.

Adam menambahkan, kalaupun nantinya tidak diindahkan, DPRD secara kelembagaan akan meninjau langsung ke lapangan. Bila terindikasi akan ada kerusakan lingkungan dan abrasi pantai akan merekomendasikan kepada semua pihak terkait untuk menutup tempat tersebut dari aktivitas penambangan.

Sekretaris DPD PAN Kabupaten Buteng ini berharap, instansi terkait agar bertindak tegas menangani maraknya penambangan Galian C yang dilakukan secara illegal, sebelum terjadi kerusakan lingkungan. “Harus ada izin yang dikeluarkan Dinas Lingkungan Hidup, jangan sampai mengancam keselamatan masyarakat,” tegasnya.(uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!