Pencairan Pinjaman Pemkab Muna di Bank Terkendala Dana Pendamping – Buton Pos
Suara Muna

Pencairan Pinjaman Pemkab Muna di Bank Terkendala Dana Pendamping

BUTONPOS.COM, MUNA – Proses pencairan pinjaman Pemkab Muna pada Bank Jawa Tengah (Jateng) dan Bank Sultra sebesar Rp 100 miliar masih terkatung-katung. Hingga akhir Oktober, pihak bank belum juga mencairkan pinjaman yang akan digunakan untuk membiayai beberapa kegiatan itu.

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, seluruh persyaratan administrasi terkait pinjaman itu sudah dilengkapi. Hanya saja, pihak bank balum mencairkan akibat belum adanya dana pendamping yang disiapkan. Jumlahnya cukup besar mencapai Rp 2 miliar. Dana pendamping tersebut, telah dianggarkan di APBD-P. “Tinggal dana pendampingnya di APBD-P,” kata Rusman.

Menurut Rusman, pengajuan kredit Pemkab di bank berbeda dengan kredit umum. Bila kredit umum langsung dipotong pada pokok pinjaman sebagai administrasi, maka Pemkab tidak. Biaya administrasi harus dilunasi dulu sebelum pencairan. “Insya Allah, setelah APBD-P disetujui, dana pendamping akan dibayar yang dilanjutkan dengan penandatanganan akad,” ungkapnya.

Sayangnya, Rusman belum bisa memastikan apakah dana pinjaman tersebut bisa digunakan atau tidak. Karena waktunya sudah tidak memungkinkan lagi. “Nanti dilihat, semua kegiatan ada tehnisnya,” tukasnya. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top