Pencoblosan Pemilu, Disdukcapil Buteng Tetap Buka Pelayanan KTP-el – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pencoblosan Pemilu, Disdukcapil Buteng Tetap Buka Pelayanan KTP-el

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tetap membuka pelayanan KTP-el pada hari H Pencoblosan Pemilu 2019, 17 April nanti. Hal ini dilakukan untuk menjamin pemilih di Buteng menyalurkan hak pilihnya, utamanya pemilih pemula yang pada hari H pencoblosan tersebut tepat berumur 17 tahun.

Kadis Dukcapil Kabupaten Buteng Syamsuddin mengatakan, bila warga negara yang sudah wajib pilih tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maupun Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), maka satu-satunya jalan untuk menyalurkan hak pilihnya pada hari H pencoblosan adalah memiliki KTP-el.

“Pada hari H pencoblosan Pemilu 17 April nanti, Disdukcapil Buteng tidak libur. Kita tetap buka untuk memberikan pelayanan KTP-el, jangan sampai ada pemilih pemula yang tepat berumur 17 tahun pada hari itu, sehingga dia bisa menyalurkan hak pilihnya sebagai warga negara,” tutur Syamsuddin ditemui di kantor bupati, belum lama ini.

Pelayanan pada hari H pencoblosan tersebut, selain dikhususkan kepada pemilih pemula, pihaknya juga harus menjamin warga Buteng yang sudah wajib pilih namun tidak terdaftar dalam DPT atau DPTb. “Dengan memiliki KTP-el, pemilih bersangkutan bisa menyalurkan hak pilihnya sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang diberi kesempatan mencoblos satu jam sebelum penutupan di TPS terdekat sesuai alamat KTP-elnya,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan “jemput bola” ke sekolah-sekolah SMA dan sederajat untuk menyasar pemilih pemula melakukan perekaman KTP-el dan ke desa-desa untuk memberikan kemudahan bagi warga yang belum sempat atau kesulitan melakukan perekaman KTP-el di kantor Disdukcapil.

“Pergerakan penduduk itu dinamis, ada yang pindah keluar dan pindah masuk. Sehingga biar hari H pencobolsan itu dinyatakan libur nasional, kami (Disdukcapil Buteng, red) tetap buka memberikan pelayanan KTP-el sampai waktu pencoblosan di TPS ditutup,” pungkas Syamsuddin.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top