Pencuri di Jembatan Batu Dibekuk Polisi – Buton Pos
Hukum

Pencuri di Jembatan Batu Dibekuk Polisi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Polsek Kawasan Pelabuhan Baubau berhasil mengamankan terduga pelaku tindak pidana pencurian atau pencopetan yang kerap mengincar pengunjung pelabuhan jembatan Batu, Kelurahan Wale, Kecamatan Wolio.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Baubau, AKP Bayu Laras Tutuka SIK, saat dimintai keterangannya mengatakan, korban La Andhy Olulu (51), warga Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, saat memarkir kendaraannya untuk mengirim barang ke Pulau Binongko, Wakatobi, Selasa (30/10) sekitar pukul 13.30 Wita.

Adapun pelaku AR Alias Dilon (29), warga Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang ojek.

“Kronologis kejadiannya yaitu menurut keterangan korban bahwa awalnya korban memarkir mobil bak terbuka warna putih di depan KM Manusela di jembatan batu dengan maksud untuk mengirim barang ke kapal tersebut. Setelah selesai mengirim barang, korban langsung kembali ke mobilnya dan melihat tas yang ada di jok mobilnya sudah tidak ada (hilang),” kata Bayu Laras Tutuka saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/10).

Selanjutnya kata Bayu, korban melaporkan kejadian tersebut ke Mako Polsek Kawasan Pelabuhan Baubau.

Adapun isi tas milik korban yaitu, uang dengan jumlah Rp 2.500.000, satu buah STNK mobil, lima buah STNK motor, tiga gram emas berupa gelang tangan, satu buah Paspor Umroh dan satu buah buku nikah.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar sepuluh juta rupiah,” ungkapnya.

Menanggapi kejadian tersebut anggota Intelkam Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Baubau mendatangi TKP kemudian mencari baket di sekitar kejadian.

Dari hasil penyidikan sekitar pukul 14.00 Wita anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Baubau melakukan pengejaran terhadap pelaku di sekitar tanggul Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau namun pelaku tidak ada.

“Selanjutnya Anggota SKP kembali ke jembatan batu untuk memantau pergerakan pelaku. Pada jam 14.30 Wita anggota SKP Baubau melihat pelaku di atas speed boat untuk menyeberang ke Wamengkoli Desa Waara Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah, yang rencananya pelaku melarikan diri. Kemudian anggota SKP Baubau langsung menangkap pelaku selanjutnya dibawa ke mako Polsek Kawasan guna pemeriksaan,” jelas Bayu Laras.

Dari penangkapan tersebut diamankan barang bukti yang disembunyikan terduga pelaku di jok motornya. Dalam melakukan aksinya terduga pelaku bertindak sendiri di areal pelabuhan jembatan batu Baubau. Kata dia, pelaku merupakan residifis.

Perbuatan terduga diganjar dengan Pasal 362 KUHP dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 60 juta. (ps)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top