Penderita Gangguan Jiwa Butuh Penanganan Khusus – Buton Pos
Metro Baubau

Penderita Gangguan Jiwa Butuh Penanganan Khusus

h la ode zulkifli

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Banyaknya jumlah penderita gangguan jiwa yang berkeliaran di Baubau ternyata memerlukan penanganan khusus antara Dinas Sosial dengan Dinas Kesehatan.

“Untuk penanganan ganguan mental untuk orang gila itu kami belum melakukan penanganan khusus karena kita tidak bisa sendirian hanya Dinas Sosial, harus ada keterpaduan antara beberapa SKPD,” terang H La Ode Zulkifli , Kadis Sosial Kota Baubau, saat ditemui di Gedung DPRD Kota Baubau, Rabu (13/9/2017).

Zulkifli menegaskan, jika pihaknya tidak dapat menetapkan seseorang mengidap penyakit gangguan jiwa. Untuk hal itu, yang berkompeten adalah Dinas Kesehatan.

“Karena orang gila itu adalah orang sakit, kami tidak bisa menetapkan bahwa dia gila atau tidak ¬†karena bukan profesi kami untuk menetapkan gila atau tidak orang itu, kecuali dia sudah mengganggu sosial kemasyarakatan baru kita ikut serta didalamnya,” ujar Zulkifli.

Mengenai penanganan, Zulkifli mengaku kesulitan. Pasalnya, Baubau belum memiliki RS yang khusus menangani orang gila.

“Anggaran untuk mengatur orang gila pada rumah sakit rujukan yang berada di Kendari. Yang susahnya kita ini tidak memiliki rumah sakit khusus,” tutup Zulkifli. (po3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!