Penetapan Perubahan APBD Buteng 2019 “Diketuk” Tengah Malam – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Penetapan Perubahan APBD Buteng 2019 “Diketuk” Tengah Malam

Bupati Buteng H Samahuddin dan Ketua DPRD Buteng Adam, didampingi Wakil Ketua II DPRD Dani Bsc, berjabat tangan usai penetapan APBD-P 2019 di Kantor DPRD Buteng, semalam.

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Setelah melalui proses pembahasan yang panjang dan cukup alot selama sepekan, akhirnya Perubahan APBD Kabupupaten Buton Tengah (Buteng) tahun anggaran 2019 ditetapkan DPRD bersama pemerintah setempat dan disetujui menjadi Perda, Senin malam (16/9/2019), pukul 23.50 wita.

Dari awal pengajuan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) oleh Wakil Bupati Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau, Selasa (10/9) lalu, DPRD sudah ngotot dan mengingatkan agar pihak pemerintah memastikan kegiatan dan anggaran didalamnya tidak ada lagi pergeseran setelah disetujui DPRD.

Sepekan KUA PPAS APBD-P 2019 tersebut dibahas, akhirnya mendapat persetujuan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Bupati Buteng H Samahuddin dan Ketua DPRD Adam melalui rapat paripurna yang digelar sore menjelang Magrib, Senin (16/9).

Setelah Salat Magrib, rapat paripurna kemudian dilanjutkan dengan penyampaian nota keuangan dan penjelasan umum Bupati Buteng terhadap rancangan Perubahan APBD 2019. Penjelasan bupati tersebut kemudian mendapat tanggapan dan pandangan dari tiga fraksi di DPRD.

Meskipun pandangan masing-masing fraksi disertai dengan catatan, namun semuanya menyetujui rancangan perubahan APBD 2019. Fraksi Kebangkitan Demokrasi Keadilan Pembangunan Nasional disampaikan Suharman, Fraksi Amanat Bulan Bintang disampaikan La India, dan Fraksi Gerakan Perjuangan Kekaryaan disampaikan Almadin.

Dari pandangan fraksi-fraksi tersebut, Bupati Buteng memberikan jawaban secara umum dan menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan DPRD agar APBD-P 2019 yang dihasilkan berkualitas. Rapat kemudian diskorsing untuk istrahat dan makan malam.

Sejam kemudian rapat dilanjutkan dengan rapat komisi DPRD untuk menyusun amandemen komisi. Setelah itu, disambung dengan rapat gabungan komisi untuk menyusun amandemen gabungan komisi. Rekomendasi dan permintaan penjelasan gabungan komisi yang dibacakan Suharman (Legislator Nasdem), kemudian dijawab secara tertulis oleh pihak pemerintah.

Setelah semua tahapan pembahasan dilaksanakan, DPRD pun akhirnya menggelar rapat paripurna penetapan APBD-P 2019 menjadi Perda. Ditandai dengan “pengetukan palu” persetujuan oleh Ketua DPRD Adam yang sudah memasuki tengah malam, tepatnya pukul 23.50 wita. Dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan dan persetujuan bersama antara Pemkab Buteng dan DPRD oleh Bupati Samahuddin dan Ketua DPRD Adam.

Bupati Buteng H Samahuddin dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Buteng yang telah menyetujui bersama rancangan APBD-P 2019 untuk ditetapkan menjadi Perda. Hal ini membuktikan antara eksekutif dan legislatif bukan hanya mitra kerja saja, tetapi lebih dari itu merupakan bagian unsur penyelenggara pemerintahan di daerah yang mempunyai peran sejajar dalam membangun masyarakat Kabupaten Buteng.

“Khusus anggota DPRD yang akan menyelesaikan masa baktinya di sisa-sisa periode 2014-2019 dan akan berakhir di akhir September ini, saya mewakili pemerintah dan masyarakat Kabupaten Buteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Ini adalah agenda pembahasan APBD terakhir bagi bapak dan ibu sekalian, semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap berkarya dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Buteng yang berkah,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Samahuddin menyampaikan poin penting tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2019. Pendapatan daerah sebesar Rp 614.792.981.501, belanja daerah secara keseluruhan sebesar Rp 682.438.476.899, dan pembiayaan sebesar Rp 67.645.495.398.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top