Penipu CPNS K1 dan K2, Casis Polisi Diciduk Polisi – Butonpos
Hukum

Penipu CPNS K1 dan K2, Casis Polisi Diciduk Polisi

ILUSTRASI

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Satuan Reskrim Polres Buton membekuk warga Jakarta Selatan, Bayu Erik Fatah (40). Dia diduga merupakan penipu kelas kakap yang berkeliaran di wilayah Kabupaten Buton selama ini. Sedikitnya sudah tujuh orang warga Kecamatan Pasarwajo berhasil ditipu.

Kasat Reskrim Polres Buton, Iptu Hasanuddin SH MH mengatakan, ketujuh warga Pasarwajo yang tertipu itu terkait dengan pengangkatan CPNS K1 dan K2, serta penerimaan calon siswa (Casis) Polisi tahun 2015 dan 2016. Selain itu, Bayu Erik Fatah yang mengaku dari Lembaga Pemantau Penyelenggara Trias Politika RI juga menipu korbannya dengan menjanjikan proyek dari Kementerian Perhubungan tahun 2016.

“Pelaku ini mengaku sebagai Lembaga Pemantau Penyelenggara Trias Politika RI. Modus yang dia gunakan akan meloloskan mereka yang K1 dan K2 serta yang mau masuk polisi. Ada juga yang dijanjikan proyek,” kata Hasanuddin, di ruang kerjanya, Kamis (10/8).

Jumlah materil yang didapat pelaku dari ketujuh korban lebih kurang sebanyak Rp 300 juta. Namun laporan yang diproses baru dari satu korban, sedangkan enam lainnya dalam lidik. Kasus ini sekarang sudah tahap satu di Kejaksaan Negeri (Kejari) Buton.

“Yang kita proses ini baru satu orang korban. Dia ditipu masuk polisi pada penerimaan casis 2016 dengan membayar kepada pelaku sebesar 70 juta, dari yang dijanjikan 125 juta jika lolos jadi polisi. Kasus ini sekarang sudah tahap satu,” terangnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 dan atau 372 tentang penipuan dan penggelapan yang diatur dalam KUHP. Ancaman hukumannya 4 tahun penjara. (man)

Click to comment

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top