Polisi Usut Penipuan SPP di Universitas Muhammadiyah Buton – Buton Pos
Metro Baubau

Polisi Usut Penipuan SPP di Universitas Muhammadiyah Buton

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kurang lebih 80 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) tertipu. Motifnya melalui pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang disertokan ke bank melalui perantara. Rupanya uang tersebut tidak masuk ke rekening kampus.

Praktek penipuan tersebut berlangsung sejak tahun 2016 lalu. Kejadian tersebut terkuat saat salah seorang mahasiswa melakukan penawaran untuk semester VII, namun pihak kampus tidak memberikan kecuali mahasiswa tersebut membayar dulu SPP semester sebelumnya.

Mahasiswa tersebut kaget, karena dia merasa selama dari semester II hingga semester VI tidak pernah nunggak SPP. Cuma saja saat penyetoran SPP mereka mempercayakannya sama salah satu rekan mereka. Rupanya rekan mereka tersebut membuat slip palsu yang mirip slim pembayaran SPP yang dikeluarkan kampust UMB.

Salah seorang mahasisa UMB jurusan Biologi Fakultas Ilmu Pendidikan, menceritakan kronologis kejadian yang menimpa dirinya bersama teman-teman seangkatan yang jadi korban penipuan slip palsu tersebut.

Dia mengaku bersama teman-teman seangkatanya kurang lebih 80 orang mengumpulkan uang SPP dengan menitipkannya kepada pelaku yang tidak lain masih mahasiswa juga. Kata dia, orang tersebut menawarkan diri untuk membantu teman-temannya membayarkan uang SPP mereka di bank.

Singkat cerita, menurut mahasiswi tersebut mereka mengalami kejadian tersebut sejak masih semester II sementara kini sudah memasuki semester VII. Artinya kejadian yang menimpa mereka sudah berjalan sejak tahun 2016 yang lalu.

Setelah masalah ini mulai muncul di permukaan, para mahasiswa melakukan pertemuan sama pihak kampus. Bahkan sebelumnya pernah rapat dengan rektor, kemudian rektor bilang, kalian jangan khawatir selama masalah ini tidak sampai ke ranah hukum. “Jadi kami merasa seolah-olah diarahkan oleh rektor tidak boleh melapor,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UMB, Dr Wa Ode Alzarliani SE MSi, saat dikonfirmasi soal dugaan penipuan tersebut, dirinya mengatakan sebaiknya untuk masalah ini konfirmasi langsung sama eks Dekan FKIP sebelumnya.

“Untuk masalah slip bodong ini sudah lama kami bahas dan kenapa juga adik-adik mahasiswa menitip kepada orang lain membayar SPP di bank,” kata Alzarliani saat dikonfirmasi via telp.

Terpisah mantan Dekan FKIP, Ma’ruf membenarkan adanya penipuan tersebut. Kata dia persoalan tersebut sudah dibahas di internal kampus dan selebihnya sudah ditangani pihak kepolisian.

“Secara internal kami sudah selesai membicarakan insiden ini dan kami berharap pelakunya segera ditangkap, sebab laporan sudah masuk di kepolisian,” terangnya.

Polres Baubau, melalui Kasubag Humas Iptu Suleman membenarkan adanya laporan kasus penipuan SPP di UM Buton tersebut. Saat ini pihaknya sedang memproses laporan tersebut.

Menurut Suleman, saat ini pihaknya sudah ada langkah-langkah pemeriksaan terhadap saksi-saksi maupun pihak terlapor yang berstatus mahasiswa. Selanjutnya pihaknya akan menggelar perkara.

“Memang benar laporanya sudah kepada kami setelah itu dilakukan gelar perkara, kemudian dalam waktu dekat akan dinaikan statusnya jadi penyidikan,” kata Suleman saat dihubungi via telp. (p5)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top