Penyelidikan Kasus Gedung Bappeda Lanjut – Butonpos
Hukum

Penyelidikan Kasus Gedung Bappeda Lanjut

ilustrasi

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau tegas melanjutkan pengusutan kasus pembangunan gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Baubau 2015. Seksi Pidana Khusus (Pidsus) sudah menyiapkan staretgi penyelidikan lanjutan pasca menerima data dari intelejen.

Salah satunya memanggil pihak-pihak yang pernah diperiksa sebelumnya seperti Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), bendahara pengeluaran Bappeda, Pejabat Penanggung Jawab Kegiatan, pelaksana fisik dan pengawas proyek.

“Kita buat rencana penyelidikan lanjutan. Mungkin dalam waktu dekat tetap kita akan panggil ulang semua yang sudah diperiksa, termasuk kita kumpulkan alat bukti yang baru,” urai Kajari Baubau, Rasul Hamid melalui Kasi Pidsus, Hendra Busrian di Kejari Baubau, Kamis (12/10).

Ia menegaskan, pekan depan pihaknya akan mulai melakukan telaah hasil penyelidikan. Hal ini untuk menentukan dapat tidaknya ditemukan bukti baru.

“Bukti baru untuk kita tingkatkan ke penyidikan. Tidak lama itu, tenang saja,” tandasnya.

Kata dia, pihaknya meyakini telah terjadi tindak pidana dalam proyek APBD Baubau senilai Rp 4 miliar ini. Asmaun selaku PPK proyek disebut-sebut paling bertanggung jawab atas denda keterlambatan dan jaminan pelaksanaan proyek yang tidak terbayarkan di kas daerah.

“Iya, tidak akan bergeser dari temuan Intel. Kalau denda keterlambatan dan jaminan pelaksanaan tidak terbayarkan itu berarti ada kerugian negara, ada kelalaian kerja dia,” pungkasnya. (exa)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top