Pesantren Wirausaha Dibangun di Buteng, Bupati Samahuddin Letakan Batu Pertama – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Pesantren Wirausaha Dibangun di Buteng, Bupati Samahuddin Letakan Batu Pertama

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin meletakan batu pertama pembangunan pesantren wirausaha, rumah singgah, dan Tahfidz Alquran diatas lahan seluas 17×26 meter persegi yang terletak di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim), Senin (7/1/2019).

Peletakan batu pertama pembangunan pesantren naungan Yayasan Islam Alfurqan itu turut disaksikan Sekab Buteng La Ode Hasimin, anggota DPRD Afrul Salim, para Kepala OPD, Kapolsek Mastim Iptu Mas’ud Gunawan, Sekcam Mastim Hermansyah, para Kades se Kecamatan Mastim, tokoh masyarakat, dan masyarakat Desa Wantopi.

Ketua Yayasan Islam Alfurqan Ustaz Han Rohani mengaku, pesantren wirausaha sekaligus rumah singgah dan pembinaan Tahfiz Alquran yang dibangunnya tersebut akan menjadi sebuah lembaga yang mampu melahirkan pelaku-pelaku wirausaha yang berkarakter dan berakhlak islami.

“Pesantren ini rencananya akan kami bangun dalam tiga lokal. Lokal pertama untuk pembinaan wirausaha, lokal kedua untuk rumah singgah bagi siapa saja selama tiga hari makan tidur gratis, dan lokal ketiga untuk pembinaan anak-anak yang tidak tertangani lembaga-lembaga formal,” tuturnya.

Dalam kalkulasinya, ustaz Han membutuhkan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk membangun pesantren di kampung kelahirannya tersebut. Modal awal pembangunannya sebesar Rp 150 juta, tambahan sampai pada penyelesaiannya ia serahkan pada kuasa Allah SWT melalui tangan-tangan dermawan hamba-Nya yang mau beramal jariyah.

“Alhamdulillah sudah ada bantuan awal dari pak bupati sebanyak Rp 10 juta. Ditambah lagi dari pak sekda sebanyak 100 sak semen. Saya yakin, bila Allah menggerakan hati bapak dan ibu yang hadir disini maka biaya untuk membangun pesantren ini bisa terkumpul dengan mudah,” katanya.

Benar saja, melalui ajakan Sekab Hasimin masing-masing Kepala OPD bersedia menyumbang 20 sak semen. Bahkan, para Kades se Kecamatan Mastim siap menyumbangkan 100 sak semen dan sumbangan pribadi dari tokoh masyarakat lainnya.

Bupati Buteng H Samahuddin mengaku bersyukur dengan dibangunnya pesantren wirausaha, rumah singgah dan Tahfiz Alquran di Mastim tersebut. “Saya sangat mendukung 100 persen dengan hadirnya pesantren di tanah kelahiran saya ini,” ucapnya.

Menurutnya, hadirnya pesantren di Kabupaten Buteng sangat mendukung visi misinya yang “Berkah” dalam menciptakan masyarakat Buteng yang religius. Disamping itu, mendukung pula program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia Buteng yang berbasis akhalkul karimah.

“Mudah-mudahan dengan semakin bertumbuhnya pesantren di daerah ini, kriminalitas bisa ditekan karena generasi kita sudah ditempa dengan pergaulan dan didikan yang baik di lingkungan agamis. Apalagi sudah dibekali dengan pemahaman Alquran yang menjadi pedoman hidup mereka,” harapnya.

Orang nomor satu di Buteng ini meminta orang tua masyarakat setempat maupun Buteng pada umumnya untuk memanfaatkan pesantren wirausaha, rumah singgah dan Tahfidz tersebut untuk memasukan anaknya guna memperdalam ilmu agama dan siap berwirausaha di masyarakat bila sudah lulus nantinya.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top