Petani Jambu Mete di Butur Gagal Panen – Butonpos
Suara Butur

Petani Jambu Mete di Butur Gagal Panen

JAMBU

BUTONPOS.COM, BURANGA – Puluhan hektare jambu mete milik pertani di kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) mengalami gagal panen.

Pasalnya, pohon jambu mete yang sedang berbunga diguyur hujan, sehingga bunganya mengalami kehitaman dan gagal berbuah. Selain itu, buah jambu mete juga berwarna kehitaman.

“Kejadian ini hampir terjadi diseluruh perkebunan jambu mete di Kabupaten Butur,” kata Ahmad Mustapa, petani asal kecamatan Kulisusu Desa Wasalabose, Kamis (12/10).

Biasanya, kata Ahmad, saat bulan Oktober ini, para petani sudah mulai memanen jambu mete dan menjualnya kepada para tengkulak yang setiap tahun selalu menampung hasil mente petani. Namun, akibat hujan banyak pohon yang tidak berbuah.

“Bulan lalu September saat mente sedang berbunga hujan pun turun dalam beberapa hari, sehingga bunga mente jatuh dan hampir semua berwarna kehitaman sehingga tidak berbuah,” ujarnya.

Para petani, lanjut dia, hanya bisa mengelus dada dan berharap akan bantuan dari pemerintah.

“Sudah tiga tahun terakhir ini jambu mete gagal panen,” jelasnya sembari mengatakan luasan kebun jambu mete miliknya seluas kurang lebih 5 hektare.

Terpisah, Kadis Pertanian Butur Ir. Yusuf belum bisa memastikan apa yang menyebabkan jambu mete di Butur mengalami gagal panen.

Namun menurutnya, kuat dugaan faktor yang menyebabkan yakni akibat hujan yang mengguyur disaat jambu mete sedang berbunga, sehingga mengakibatkan bunga mengalami kehitaman.

Ia pun belum bisa memastikan berapa luasan tanaman jambu mete yang mengalami gagal panen. Saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan berapa hektare kebun petani yang mengalami gagal panen.

”Masih di data berapa hektare tanaman jambu mete yang gagal panen,” tuturnya.(m7)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top