Pilgub Sultra, Dukungan Parpol Kian Mengerucut – Buton Pos
Suara Sultra

Pilgub Sultra, Dukungan Parpol Kian Mengerucut

Para kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra periode 2018-2023

BUTONPOS.COM, KENDARI — Arah dukungan partai politik (parpol) dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra, tahun depan kian mengerucut. Sejauh ini, sudah ada enam parpol yang memberikan dukungan secara resmi.

Rinciannya, empat parpol merapat ke bakal pasangan calon Asrun-Hugua (Surga). Sedangkan dua lainnya mengusung Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN).

Saat ini, tinggal empat parpol belum mengeluarkan surat rekomendasi (SK) dukungan. Yakni Demokrat, Gerindra, Hanura dan PKB. Gabungan keempatnya, masih ada 14 kursi yang artinya masih terbuka peluang muncul poros baru (pasangan calon baru).

Hanya saja, peluangnya cukup kecil. Sebab, PKB dan Gerindra sudah memberi sinyal bakal merapat pada salah satu balon gubernur yang sudah punya dukungan parpol.

“Mayoritas pengurus PKB menginginkan dukung Asrun di Pilgub. Insyaallah SK-nya bakal keluar dalam waktu dekat,” kata Hamrin, Sekretaris DPW PKB Sultra, Hamrin, saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, beberapa hari lalu.

Menurut Hamrin, penetapan Ketua DPD PAN Kota Kendari tinggal menunggu SK dari DPP. Apalagi sebagai besar pengurus telah menyatakan dukungannya pada Asrun. Hanya saja, semuanya tetap harus melalui prosedur.

Pengurus di daerah hanya merekomendasikan. Sementara penentuannya tetap menjadi domain DPP PKB. “Saya yakin DPP juga akan sejalan dengan keinginan kader,” jelasnya.

Untuk dukungan Gerindra, sebelumnya Ketua DPD Gerindra Sultra, Imran sudah memberi sinyal juga bakal merapat ke Asrun. Hanya saja, dia menghargai mekanisme partai dan menyerahkan sepenuhnya kepada DPP untuk memutuskan.

“Semua punya peluang. Saat ini Pak Prabowo, Ketua Umum DPP Gerindra masih di luar negeri. Sesuai rencana, 12 November ini baru tiba. Jadi, setelah itu baru diproses arah dukungan untuk Pilkada serentak, termasuk Sultra,” ungkap Imran, (8/11).

Menurut dia, 12 November itu akan diadakan pertemuan besar-besaran dengan 16 provinsi lainnya untuk membahas pilkada serentak. “Ada 17 provinsi bakal ikut pilkada serentak, makanya DPP akan memutuskan satu kali dukungannya. Jadi, kita menanti saja,” jelasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, Sultra mendapat posisi sama dengan daerah lain. Kata dia, semua kandidat masih tetap punya peluang sama diusung. “Apapun masih bisa terjadi. Itulah dinamika politik,” katanya.

Partai Hanura juga belum menentukan sikap. Posisinya sangat sentral karena punya 3 kursi di DPRD Sultra. Sekretaris DPD Hanura Sultra, Slamet Durasim mengaku belum mendapatkan SK kemana arah dukungan partainya.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!